Foto/ilustrasi: https://pixabay.com/users/xusenru-1829710/

Kembangkan Jadi Kebiasaan Bagi Anak Dan Jangan Segan Memberi Pujian

Anak-anak membutuhkan sebuah kebiasaan agar mereka dapat menjaga dan mengelola tanggungjawab yang ada. Mereka akan mudah menjadi bingung apabila jadwal dan tugas yang dibebankan kepadanya sering berubah.

Jelaskan kepada anak kapan waktunya dia harus menyelesaikan serangkaian tugas yang spesifik. Misalnya anak-anak harus merapikan mainannya sendiri sebelum berangkat tidur di malam hari. Dan selalu ingatkan kepada mereka untuk merapikan mainan ketika sudah mendekati jam untuk tidur malam.

Beri pujian ketika anak berhasil menyelesaikan sendiri sebuah tugas atau pekerjaan, terutama yang sebelumnya selalu dibantu. Sama halnya ketika mereka melakukan kesalahan, jadikan kesalahan tersebut sebagai bahan pujian untuk keberhasilan lainnya.

Misalnya ketika dia berhasil memakai baju sendiri meskipun terbalik antara depan dan belakang. Beri pujian atas keberhasilannya memilih dan mengambil baju sendiri dengan baik. Jangan lelah untuk memberikan dukungan terutama ketika mereka terlihat frustasi ketika melakukan tugasnya.

Baca juga: Sempatkan Untuk Membacakan Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur

Begitulah, mungkin terlihat akan lebih cepat dan lebih mudah apabila kita sebagai orang tua selalu membantu atau mengerjakan sesuatu untuk anak kita. Tapi dengan memberikan kesempatan anak untuk melakukan sesuatu untuk dirinya sendiri akan mengembangkan rasa tanggungjawab dan membentuk kemampuan untuk menyelesaikan masalah (problem solving).

Seiring dengan tumbuh dan berkembangnya anak kita, dengan kemampuan menyelesaikan masalah yang dimilikinya dia akan lebih mudah menghadapi dan menyelesaikan situasi-situasi baru dengan percaya diri.

Dan jika dilihat secara lebih luas lagi, pembentukan rasa tanggungjawab dan kemandirian ini akan menghasilkan orang dengan rasa percaya diri, penuh ide, bisa menghargai, dan lebih mudah mengenali dan memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here