Mudah Merasa Lapar Yuk Kenali Penyebabnya
Foto/ilustrasi: https://unsplash.com/@michaelfousert

Selain Faktor Internal Tubuh, Mudah Lapar Juga Bisa Disebabkan Oleh Rangsangan Eksternal

Makan Tergesa-gesa
Makan secara tergesa-gesa justru akan mengakibatkan mudah kembali menjadi lapar. Mengunyah makanan lebih lama menjadikan makanan yang masuk menjadi lebih lembut dan akan terserap lebih sempurna oleh tubuh. Kondisi tersebut akan memberikan cukup waktu bagi hormon leptin untuk mengirimkan sinyal kenyang kepada tubuh.

Mengunyah Permen Karet
Mengunyah permen karet terlalu lama bisa mengakibatkan munculnya rasa lapar. Rasa permen karet yang sudah tidak manis lagi dan bersamaan dengan tertelannya air liur menyebabkan rasa lapar menjadi timbul. Hal ini sering tidak disadari sehingga muncul pertanyan mudah lapar apa penyebabnya.

Berpikir Dan Bekerja Keras
Berpikir lebih keras dan bekerja lebih berat membutuhkan energi dan tenaga lebih banyak apabila dibandingkan dengan kondisi normal. Kondisi energi tubuh yang lebih cepat habis tersebut menjadi pemicu rasa lapar yang muncul.

Rangsangan Eksternal
Rangsangan bau masakan yang lezat atau tampilan makanan yang menggoda akan mempengaruhi otak untuk merasa lapar. Meskipun pada saat itu lambung anda dalam kondisi tidak kosong.

Stres
Orang yang sedang stres cenderung akan mudah lapar. Dalam kondisi stress, hormon-hormon terkait akan mengirimkan sinyal ke otak dan selanjutnya otak akan mengirimkan sinyal kepada tubuh dalam bentuk rasa lapar.

Baca juga: Cara Memasak Yang Sehat Untuk Hidangan Keluarga Di Rumah

Dengan memahami beberapa kondisi tersebut, maka untuk menjawab pertanyaan mudah lapar apa penyebabnya akan mudah bagi anda. Karena anda sudah lebih paham hal-hal yang dapat menyebabkan tubuh merasa mudah lapar. Selanjutnya anda dapat melakukan antisipasi atau memperbaiki gaya hidup atau pola makan yang kurang tepat selama ini. Karena mudah merasa lapar akan menjadikan lebih sering makan dan beresiko menjadi penyakit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here