Media Sosial Adalah Tempat Yang Tepat Untuk Melakukan Pemasaran Online Bagi Pemula

Dampak perkembangan teknologi di era digital ini semakin terasa, terutama di sektor perdagangan baik barang maupun jasa. Perdagangan, yang didalamnya termasuk memasarkan produk, sudah banyak yang bergeser dari konsep bertemu secara fisik menjadi bertemu di dunia maya atau online. Melakukan pemasaran online bagi pemula yang baru mengenal seluk-beluk internet dan media sosial bisa jadi menjadi sebuah hambatan besar.

Pemilik usaha baik besar maupun kecil mau tidak mau harus segera beradaptasi agar mampu mengaplikasikan pemasaran online dengan sebaik-baiknya. Karena bagaimanapun juga generasi milenial adalah pangsa pasar terbesar saat ini dan juga yang akan datang. Mereka adalah generasi yang sangat tergantung dengan internet, termasuk didalamnya memenuhi kebutuhannya secara online.

Salah satu cara melakukan pemasaran online adalah dengan memanfaatkan situs-situs media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, Tik-tok, dan lain-lain.

Kesannya memang mudah, tinggal daftar dan buat akun di media sosial tersebut, lalu pasarkan produk yang hendak kita jual. Namun ternyata da beberapa hal yang harus dipahami agar aktivitas pemasaran online bagi pemula menjadi tepat sasaran, efektif dan mendapatkan respon yang baik.

Pilih platform media sosial yang dianggap paling sesuai.

Banyaknya platform media sosial yang ada membuat pemilik usaha kecil harus pintar-pintar memilih platform mana yang paling sesuai dengan produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Memahami target konsumen yang disasar adalah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memutuskan memilih media sosial mana yang akan digunakan.

Facebook, instagram, dan tik-tok adalah beberapa platform paling populer karena memiliki filter demografi yang bagus dan sampai sekarang dianggap sebagai pilihan terbaik untuk memasarkan produk.

Sementara itu, jika target pasar produk anda adalah komunitas bisnis dan para profesional, maka platform yang paling sesuai untuk golongan ini adalah LinkedIn. Platform ini dikembangkan dengan tujuan sebagai alat komunikasi dan database pekerja atau profesional.

Baca juga: Memberi Gaji Diri Sendiri Meskipun Sebagai Pemilik Usaha

Sedikit berbeda dengan Facebook dan LinkedIn, Twitter lebih cocok digunakan sebagai sarana menciptakan dan menjaga citra produk atau perusahaan, mencari pengikut atau follower dan menciptakan ikatan dengan mereka.

2 KOMENTAR

  1. Terimakasih atas semua panduannya.ini sangat membantu kami.hanya kalau boleh postingkan juga produk2 yg baru,yang sekiranya laku untuk dijual.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here