Foto/ilustrasi: https://unsplash.com/@artemioz

Laporan Perjalanan Dinas Yang Baik Menunjukkan Bahwa Anda Memiliki Dedikasi Dan Tanggungjawab Yang Baik Pula

Sebagai pegawai sebuah perusahaan atau instansi pemerintah, ada kalanya anda akan membuat laporan perjalanan dinas karena dikirim untuk melaksanakan perjalanan dinas atau bisnis. Perjalanan dinas bisa saja ke luar daerah atau bahkan ke luar negeri untuk mengikuti seminar, workshop, atau kegiatan lainnya. Salah satu aspek penting terkait dengan sebuah perjalanan dinas atau bisnis adalah biaya perjalanan tersebut dan laporan pertanggungjawabannya.

Menurut Wikipedia, yang termasuk kedalam kategori perjalanan dinas atau bisnis antara lain adalah:

  • Mengunjungi pelanggan atau pemasok.
  • Pertemuan yang dilakukan di kantor perusahaan lain.
  • Perjalanan untuk melakukan promosi produk.
  • Perjalanan untuk meningkatkan loyalitas pegawai kepada perusahaan.
  • Perjalanan untuk melakukan pengembangan jaringan perusahaan.
  • Dan lain-lain.

Sebuah laporan perjalanan dinas idealnya harus mampu meyakinkan perusahaan (dalam hal ini atasan atau manajer) yang mengirim anda. Dari laporan itu mereka yakin bahwa biaya yang dikeluarkan ternyata bermanfaat dan menguntungkan perusahaan. Dan diharapkan muncul anggapan bahwa perjalanan dinas atau bisnis yang anda lakukan selanjutnya juga pasti menguntungkan.

Oleh karena itu dalam membuat laporan perjalanan bisnis, anda harus fokus dalam melaporkan atau menunjukkan bahwa insvestasi yang telah dikeluarkan tidak sia-sia.

Baca juga: Memahami Karyawan Sebagai Pelanggan Internal Perusahaan

Format Laporan

Jika perusahaan atau instansi tempat anda bekerja sudah memiliki format baku laporan perjalanan dinas maka anda tidak perlu repot-repot untuk mendesain format laporan. Namun jika tidak ada format yang baku maka anda dapat membuat sendiri. Sebaiknya laporan perjalanan tidak terlalu panjang dan bertele-tele, dalam heading laporan cantumkan judul atau topik laporan, tanggal perjalanan, nama anda, dan nama penerima laporan.

Dilanjutkan dengan tujuan perjalanan dinas, biaya perjalanan, benefit bagi perusahaan, dan informasi lain yang relevan.

Pendahuluan

Mulailah laporan anda dengan membuat pendahuluan atau overview tentang kegiatan yang telah anda lakukan tetapi tidak secara detail. Menceritakan perjalanan bisnis apa yang anda lakukan, mengapa anda yang dikirim oleh perusahaan, dan hasil yang diharapkan dari perjalanan bisnis tersebut.

Misalnya, anda menulis bahwa anda menghadiri workshop pengembangan Sumber Daya Manusia dengan tujuan agar mampu merekrut pegawai yang lebih baik, mengurangi turnover pegawai, dan menciptakan sistem SDM yang lebih baik.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here