Foto/ilustrasi: https://unsplash.com/@rosebox

Kumpulkan Dan Simpan Informasi Tentang Pelanggan Anda

Data dan informasi tentang pelanggan memegang peranan penting ketika sebuah entitas bisnis ingin mempertahankan pelanggan yang ada, hal itu berlaku juga meskipun usaha anda hanyalah berupa toko kelontong atau usaha rumahan.

Informasi tentang pelanggan idealnya meliputi lokasi tempat tinggal, nomor telepon yang bisa dihubungi, seberapa sering dia berbelanja, produk apa saja yang sering dibeli, siklus belanja yang dilakukan, dan lain sebagainya.

Dari data pelanggan tersebut pengelola usaha atau toko kelontong akan lebih mudah untuk menyiasati dan mengelola persediaan barang dagangan yang ada di toko. Selain itu pengelola toko bisa mempelajari perilaku dan siklus konsumsi dari pelanggan yang ada untuk kemudian memanfaatkannya dengan baik.

Informasi tentang pelanggan yang baik akan mampu memberikan gambaran tentang misalnya, pelanggan A biasanya atau rata-rata setiap 9 hari membeli air mineral sebanyak 2 galon di toko. Pelanggan B selalu pesan dan membeli gas elpiji rata-rata setiap 20 hari. Pelanggan C setiap mampir atau membeli sesuatu selalu ada produk wafer merk tertentu yang ikut dibeli untuk anaknya.

Memang agak merepotkan proses pengumpulan data tersebut, namun informasi yang dihasilkan bisa membantu toko atau usaha untuk lebih bisa mengikat dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Sambil terus menambah pelanggan baru.

Buat Pelanggan Malas Jadi Semakin Malas

Berbekal informasi tentang pelanggan yang sudah anda susun, buat pelanggan malas semakin malas untuk berbelanja ke toko yang lain. Layani kebutuhan mereka sebelum pelanggan tersebut sadar untuk berbelanja kebutuhan tersebut.

Kurang lebih gambarannya seperti berikut ini:

  • Menjelang hari ke-9 pengelola toko bisa menghubungi pelanggan A dengan kata-kata:
    “Selamat siang bu, sore nanti saya akan mengirim galon ke lokasi dekat rumah ibu. Ibu tidak sekalian pesan?”
  • Menjelang hari ke-20 sebaiknya menghubungi pelanggan B:
    “Selamat siang bu, kebetulan besok kami akan kirim elpiji ke arah rumah ibu. Mau sekalian kami bawakan?”

Baca juga: Barang Dagangan Toko Kelontong Yang Wajib Ada

Atau anda bisa memilih dan menggunakan kalimat yang lebih sesuai atau tepat menurut anda. Tapi pada intinya tangkap bola sebelum pelanggan itu mulai melemparnya. Ingatkan pelanggan akan kebutuhannya sebelum dia sadar yang mana bisa jadi dia membeli ke toko yang lain.

Dan ketika mereka merespon dan melakukan pesanan, jangan lupa untuk menawarkan produk lain yang sekiranya dibutuhkan berbekal dari data-data yang sudah anda kumpulkan sebelumnya.

Buat pelanggan tersebut semakin malas, malas untuk keluar rumah dan semakin malas untuk berbelanja ke toko yang lain karena anda sudah lebih dahulu tahu akan kebutuhannya dan bisa melayaninya dengan baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here