Foto/ilustrasi: https://unsplash.com/@macauphotoagency

Perkembangan teknologi dan mudahnya mendapatkan informasi di masa sekarang ini memiliki dampak pada perubahan perilaku konsumsi masyarakat. Perilaku dan cara yang digunakan dalam berbelanja juga menjadi berubah oleh karenanya.Semakin mudahnya orang mendapatkan informasi dan berbelanja hanya dengan menggunakan gadget menjadikan mereka semakin malas untuk keluar rumah. Jadilah semakin banyak orang yang berbelanja sambil rebahan di tempat tidur mereka.

Bagi toko kelontong, memahami karakter pelanggan merupakan salah satu cara untuk bisa menciptakan ikatan yang baik dan mempertahankan pelanggan yang ada. Hal ini penting terutama bagi toko kelontong yang sifatnya masih tradisional yang ada di pelosok perkampungan atau perumahan.

Terkait hal tersebut, mau tidak mau pemilik atau pengelola toko kelontong harus mau berubah agar bisa mengikuti perkembangan dan tidak kalah dalam persaingan mempertahankan pelanggan. Pesaing yang dihadapi sekarang bukan hanya toko lain yang hanya terpisah beberapa rumah atau blok, tapi toko yang berjarak kiloan meter juga menjadi pesaing dalam merebut hati konsumen atau pelanggan.

Semakin besarnya marketplace online, semakin banyaknya layanan jasa kurir instan menjadikan jarak sudah bukan masalah lagi bagi konsumen yang menginginkan sebuah produk.

Permudah Komunikasi Dan Berikan Fasilitas Pengantaran

Komunikasi dan inisiatif untuk memulainya merupakan salah satu kunci sukses toko kelontong dalam mempertahankan pelanggan yang sudah ada atau menemukan pelanggan baru. Belakangan ini semakin banyak konsumen yang terlena dengan kemudahan mencari dan berbagai produk yang ditawarkan oleh marketplace online yang mana membuat mereka sering tidak sadar atau lupa bahwa ada toko didekat rumah yang menjual produk tsb dengan harga yang bisa jadi lebih murah.

Oleh karena itu cara paling mudah untuk “menyela” keasyikan menjelajah marketplace online adalah dengan mulai mengirim pesan atau mulai menawarkan produk langsung kepada mereka. Baik dengan menggunakan brosur iklan yang dibagikan dari rumah ke rumah atau dengan memanfaatkan grup pesan instan yang ada semacam WhatsApp atau Telegram.

Baca juga: Aspek Penting Yang Perlu Dipahami Ketika Mulai Menjalankan Bisnis Kuliner

Hal lain yang tidak kalah penting dalam merebut hati pelanggan malas adalah fasilitas pengiriman produk yang dipesan atau dibeli oleh pelanggan langsung ke depan pintu rumah mereka. Rasa-rasanya semakin banyak konsumen yang berpikiran bahwa harga yang lebih murah masih kalah dengan harga yang sedikit lebih mahal tapi barang langsung dikirim ke rumah.

Jadi meskipun yang anda miliki hanya sebuah toko kelontong, anda harus siap menghadapi dan mengantisipasi perubahan perilaku konsumsi seiring dengan semakin malasnya konsumen. Ditambah lagi dengan adanya pandemi Covid-19 seperti saat ini. Siapkan dan sediakan layanan pengantaran barang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here