Foto/ilustrasi: https://unsplash.com/@chuttersnap

Setiap bisnis atau usaha yang sifatnya retail atau perdagangan umumnya pasti memiliki persediaan barang dagangan, meskipun dalam skala paling kecil seperti toko kelontong misalnya.

Sebagai bagian dari mengelola usaha perdagangan ini, ada aktivitas yang disebut dengan stock opname. Sebuah aktivitas yang sangat penting tapi tidak sedikit pelaku usaha kecil yang justru mengabaikan. Bisa jadi karena tidak memahami dengan benar fungsi dari stock opname, atau karena mereka tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk melakukannya sendiri dengan baik.

Lantas, bagaimana cara melakukan stock opname dengan baik dan efisien? Berikut adalah beberapa pedoman yang bisa digunakan oleh pemilik atau pengelola usaha retail dalam melakukan stock opname.

1. Pilih Waktu Yang Tepat

Aktivitas stock opname biasanya memakan waktu yang tidak sebentar, tergantung dengan kondisi dan jumlah persediaan yang akan dihitung. Lamanya aktivitas ini bisa-bisa malah mengganggu jalannya operasional usaha jika tidak direncanakan dengan baik.

Oleh karena itu persiapan harus matang baik untuk menetapkan hari pelaksanaan stock opname maupun segala sumberdaya yang dibutuhkan. Pilihlah hari paling tidak sibuk dan tentukan siapa saja pihak yang akan dilibatkan dalam aktivitas ini.

Dengan demikian pelaksanaan stock opname bisa lancar dan operasional usaha tidak terlalu terganggu dengan adanya aktivitas stock opname ini.

Baca juga: Sekilas Tentang Manfaat Stock Opname Bagi Toko Kelontong

2. Cetak Atau Print Daftar Semua Barang Persediaan

Catatan ini selanjutnya digunakan sebagai dasar atau pedoman dalam melakukan penghitungan semua persediaan barang dagangan yang akan dihitung. Catatan ini juga berfungsi sebagai penanda atau batas (cut-off) barang-barang mana beserta jumlahnya yang termasuk dalam saldo akhir persediaan.

Pastikan data persediaan barang dagangan beserta jumlahnya yang digunakan adalah data yang paling kini atau paling baru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here