Memahami Karyawan Sebagai Pelanggan Internal Perusahaan
Foto/ilustrasi: https://unsplash.com/@cdc

Bagaimana Mengenali Pelanggan Internal Suatu Perusahaan?

Konsep tentang pelanggan internal ini sebenarnya bukan hal yang baru, namun dalam prakteknya masih banyak pengelola usaha atau perusahaan yang belum memahaminya.

Baik dalam memahaminya sebagai sebuah konteks yang tidak bisa dipisahkan dengan usaha maupun dalam melakukan identifikasi atau mengenali siapa-siapa saja yang merupakan pelanggan internal perusahaan. Yang mana memerlukan layanan yang sama baiknya dengan pelanggan eksternal perusahaan.

Mengenali Pelanggan Internal Dengan Cara Mengidentifikasi Alur Informasi Dalam Organisasi.

Ada banyak cara untuk mengenali pelanggan internal organisasi atau mengidentifikasi siapa pelanggan internal dalam sebuah organisasi. Cara paling mudah adalah dengan mencari tahu siapa saja yang membutuhkan informasi, dan dari siapa sebuah informasi dibutuhkan.

Seorang bawahan bagaimanapun juga adalah pelanggan internal dari seorang atasan. Seorang atasan membutuhkan banyak informasi dan sumber daya yang disediakan oleh bawahan untuk dapat menjalankan roda organisasi atau perusahaan.

Selanjutnya terdapat banyak cara juga untuk menjaga atau melayani pelanggan internal dengan baik. Yang mana bentuk dan modelnya akan berbeda antara satu organisasi perusahaan dengan yang lain. Meskipun berbeda cara namun intinya adalah menjaga transparansi informasi dan tujuan organisasi serta menghargai nilai seseorang dan perannya dalam organisasi.

Baca juga: Tips Membuat Laporan Perjalanan Dinas Yang Baik

Ketika sebuah organisasi sudah mengenal pelanggan internal organisasi miliknya, kemudian melayani dengan baik dan menghargai mereka. Maka pada akhirnya budaya “melayani dengan baik” itu akan tersalurkan dengan baik kepada konsumen atau pelanggan eksternal perusahaan.

Dengan kata lain mengenal pelanggan internal akan mempermudah perusahaan untuk mengenal pelanggan eksternal. Dan perlakuan istimewa kepada pelanggan internal pasti akan tersalurkan kepada pelanggan eksternal, pembeli produk perusahaan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here