Foto/ilustrasi: https://unsplash.com/@amyhirschi

Masuki Pasar Online Dan Media Sosial

Sekarang sudah jamannya orang merasa biasa untuk berbelanja secara daring atau online. Kedepannya tren ini akan semakin meningkat.

Aktivitas ini sudah menjadi semacam standar minimal bagi sebuah entitas usaha agar dapat bertahan dan berkembang di era milenial.

Minimal adalah membuat akun media sosial dan bentuk jariangan atau komunitas yang memudahkan anda mengenal dan berkomunikasi dengan pelanggan-pelanggan anda. Dari sini pula akan mudah dan banyak didapat informasi-informasi terkait produk dan pelanggan anda yang mana dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan pengembangan usaha kedepannya.

Baca juga: Tips Pemasaran Online Bagi Pemula Melalui Media Sosial

Mencatat Dan Menganalisa Data Keuangan

Aktivitas lain yang sangat penting untuk dilakukan oleh sebuah usaha adalah membuat catatan keuangan yang tertib dan rapi.
Bermodal catatan keuangan yang tertib dan rapi itu, bahkan sebuah toko kelontong pun akan dapat membuat atau melakukan analisa terhadap data-data keuangan yang ada.

Catatan keuangan yang akurat yang dianalisa dengan baik akan sangat membantu usaha dalam pengelolaan arus kas usaha dan mengelola operasional usaha dengan baik. Hal ini juga sangat berguna terkait dengan urusan perpajakan yang harus dihadapi oleh usaha.

Demikian beberapa aktivitas dasar dalam memulai dan menjalankan usaha. Aktivitas-aktivitas tersebut akan sangat berbeda implementasinya tergantung dari ukuran dan jenis usaha yang dilakukan.

Yang dilakukan oleh usaha kecil atau UKM tentu berbeda dengan usaha yang sudah berskala besar, meskipun pada dasarnya adalah serupa. Pelaksanaan aktivitas-aktivitas tersebut dengan baik merupakan dasar yang bagus.

Bagus bagi keberlangsungan dan perkembangan sebuah usaha apapun bentuknya, mulai dari sebuah warung makan, toko kelontong, hingga perusahaan multinasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here