Foto/ilustrasi: https://unsplash.com/@rupixen

Pemahaman Target Pasar Akan Memudahkan Untuk Penulisan Deskripsi Produk Yang Baik Dan Menarik

Tuliskan Manfaat Yang Menjawab Pertanyaan, Bukan Hanya Fitur Produk

Penjelasan produk yang ditulis sebaiknya tidak sekedar berisi fitur atau spesifikasi dari produk itu. Banyak produk yang gagal dipasarkan hanya karena deskripsi dari produk itu hanya berisi fitur dan spesifikasinya, tanpa ada penjelasan tambahan mengenai manfaatnya bagi calon pembeli.

Jadi selain lugas, penulisan deskripsi produk yang baik sebaiknya juga memberikan informasi yang cukup bagi calon pembeli sehingga mereka bisa langsung mengambil keputusan untuk membeli. Sebuah penjelasan produk yang masih menyisakan pertanyaan tidak terjawab bagi calon pembeli tentu berisiko gagalnya penjualan. Selain itu, hal ini bisa menyebabkan konsumen tidak akan datang berkunjung lagi ke website atau lapak online anda dikemudian hari.

Atau bisa jadi konsumen berasumsi sepihak ketika membeli dan kemudian kecewa ternyata produk yang dibelinya tidak sesuai dengan harapan atau asumsinya. Semua kemungkinan itu tentu memiliki dampak yang kurang baik bagi usaha anda dan produk yang anda tawarkan secara online.

Sesuaikan Gaya Bahasa Dengan Target Pasar Dari Produk Yang Dijual

Penulisan deskripsi produk yang dijual sangat disarankan ditulis dengan menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target konsumen yang disasar.

Sebagai contoh misalnya jika produk yang ditawarkan memiliki target pasar remaja, maka sebisa mungkin gaya bahasa yang digunakan adalah gaya bahasa remaja yang gaul dan kekinian sesuai dengan gaya bahasa keseharian mereka. Dengan demikian akan meyakinkan mereka bahwa penjual produk adalah teman sebaya yang mengerti tentang kebutuhan dan produk yang diinginkan.

Menulis deskripsi produk dengan menggunakan gaya bahasa sesuai dengan target pasar dan seakan-akan ditulis oleh pembeli akan mempermudah menciptakan ikatan yang baik dengan konsumen yang tentu memudahkan dalam penjualan produk.

Hindari Penjelasan Yang Boombastis Atau Berlebihan

Selama tidak melanggar hukum (sengaja menipu atau memberikan informasi palsu), memberikan penjelasan secara berlebihan tidaklah dilarang dalam berpromosi.

Penjelasan yang berlebihan justru akan menjadi bumerang. Konsumen dan calon pembeli di era milenial ini sudah cukup pintar untuk memilah informasi. Ditambah dengan informasi dari website atau lapak online pesaing, calon pembeli akan dengan mudah mengetahui dan membedakan mana yang realistis dan mana deskripsi produk yang berlebihan.

Baca juga: Kiat Mempersiapkan Mental Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis

Pada akhirnya sebuah deskripsi produk yang baik merupakan senjata terakhir dan menjadi tumpuan agar produk yang ditawarkan laku terjual. Oleh karena itu ada baiknya anda menyisihkan sedikit waktu untuk melakukan riset pasar sesuai dengan target pasar dari produk yang dijual.

Karena jika hanya mengandalkan fitur produk sebagai deskripsi rasanya akan sulit mengambil hati calon pembeli yang sudah terlanjur ingin tahu lebih banyak tentang produk yang ada di website atau lapak online milik anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here