Mudah Merasa Lapar Yuk Kenali Penyebabnya
Foto/ilustrasi: https://unsplash.com/@gardiept

Sebenarnya, Mudah Lapar Apa Penyebabnya? Apa Termasuk Penyakit?

Menjadi lapar adalah hal yang alami, tapi kondisi yang mudah lapar adalah hal lain yang perlu diwaspadai. Karena bisa jadi itu adalah gejala penyakit atau terdapat kondisi tertentu yang menjadi penyebabnya.

Tubuh membutuhkan asupan energi untuk melakukan aktivitas, jika energi dalam tubuh mulai menipis maka sinyal alami akan segera muncul berupa rasa lapar.

Rasa perut keroncongan tidak boleh dibiarkan karena akan mengganggu aktivitas. Namun rasa lapar yang tidak normal, yang mudah atau cepat sekali terjadi patut diwaspadai. Karena itu adalah sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh.

Rasa lapar yang normal adalah rasa lapar yang tidak sering timbul, yang muncul sesuai dengan jam makan seharusnya. Setelah sarapan pagi, rasa lapar normal selanjutnya akan muncul pada saat siang hari dan sore hari dengan interval sekitar 5-6 jam.

Ada beberapa cara untuk mencegah rasa lapar yang bisa dilakukan untuk mencegah agar rasa lapar tidak mudah timbul.

Jika bukan karena penyakit, kondisi mudah merasa lapar itu biasanya disebabkan oleh aktivitas yang kurang tepat yang telah anda lakukan sebelumnya. Dan jika anda memiliki pertanyaan mudah lapar apa penyebabnya, maka berikut adalah beberapa aktivitas dan kondisi yang sering menjadi penyebab mudah merasa lapar.

Kurang Tidur
Kurang tidur atau jumlah jam tidur yang tidak memadai dapat mengakibatkan seseorang menjadi mudah merasa lapar. Kondisi kurang tidur akan meningkatkan meningkatnya produksi hormon ghrelin atau hormon rasa lapar, terutama di pagi hari.

Baca juga: Tahukah Anda Bahwa Susah Tidur Termasuk Sebuah Penyakit?

Menu Sarapan Tidak Tepat
Sarapan dengan menu yang kurang tepat akan menjadikan orang tersebut mudah lapar dan berpengaruh terhadap pola makan selanjutnya. Menu sarapan yang paling bagus adalah yang banyak mengandung protein. Semakin banyak kandungan protein maka perut akan merasa kenyang lebih lama bila dibandingkan dengan mereka yang sarapan dengan kandungan protein lebih sedikit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here