Pada Dasarnya Semua Orang Bisa Menjadi Tenaga Penjual Yang Handal

Menjadi tenaga penjual bisa jadi bukan pilihan anda dalam berkarier. Namun tidak sedikit yang justru memilih bidang pekerjaan ini karena hati atau jiwanya berada disana. Banyak anggapan atau kesan yang menggambarkan bahwa pekerjaan sebagai tenaga pemasar atau penjual adalah pekerjaan yang mudah. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa tidak jarang pekerjaan atau aktivitas ini sama beratnya dan sama susahnya dengan aktivitas pekerjaan yang lain. Sehingga untuk bisa menjadi tenaga penjual yang handal benar-benar dibutuhkan usaha dan kemauan yang besar.

Ada banyak tenaga penjual yang baik, namun hanya ada beberapa tenaga penjual yang handal. Tapi seperti kata pepatah banyak jalan menuju Roma, jika orang lain bisa melakukannya maka anda pun pasti bisa untuk melakukan hal yang sama meski prosesnya berbeda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa digunakan sebagai panduan oleh seorang tenaga penjual untuk bisa menjadi menjadi tenaga penjual yang handal.

Pelanggan selalu benar.
Seorang pelanggan akan selalu benar karena dia sangat tahu apa yang diinginkan. Sampai dengan seorang penjual menemukan pertanyaan yang tepat dan informasi yang tepat, dia harus selalu berasumsi bahwa pelanggan adalah benar. Ungkapan ini bukan tanpa batasan, karena sebagai tenaga penjual tentu harus mampu memenuhi kebutuhan pelanggan yang bisa jadi berbeda dengan perkataan pelanggan itu sebelumnya. Namun dalam tahap awal proses ini pelanggan selalu benar.

Untuk menghadapi situasi semacam ini selain kesabaran, yang dibutuhkan oleh seorang tenaga penjual adalah kemampuan untuk mengenali karakter pelanggan, selain itu juga kemampuan untuk mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Dengan demikian akan lebih mudah dan lebih cepat untuk menemukan pertanyaan dan informasi yang tepat bagi pelanggan berdasarkan situasi dan kondisi yang terjadi saat itu.

Baca juga: Kiat Mempersiapkan Mental Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis

Penjualan besok membutuhkan perencanaan hari ini.
Jadwal dan rencana kerja yang tersusun secara rapi sampai beberapa hari kedepan menjadikan seorang tenaga penjual mampu menganalisa dengan baik peluang-peluang bisnis yang ada, baik untuk hari ini maupun untuk hari-hari mendatang. Tetap proaktif dalam mengejar peluang dan luangkan waktu untuk menjaga hubungan dengan pelanggan yang sudah ada guna membuka peluang untuk pembelian ulang produk yang ditawarkan.

Terkait hal ini, tenaga penjual yang handal tentu harus memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik. Selain itu juga harus mampu menggali dan mengolah informasi terkait dengan pelanggan sebaik-baiknya. Sehingga mampu untuk mengatur jadwal interaksi atau kunjungan kepada pelanggan yang ideal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here