pemasaran online bagi pemula

Media Sosial Adalah Tempat Yang Tepat Untuk Melakukan Pemasaran Online Bagi Pemula

Dampak perkembangan teknologi di era digital ini semakin terasa, terutama di sektor perdagangan baik barang maupun jasa. Perdagangan, yang didalamnya termasuk memasarkan produk, sudah banyak yang bergeser dari konsep bertemu secara fisik menjadi bertemu di dunia maya atau online. Melakukan pemasaran online bagi pemula yang baru mengenal seluk-beluk internet dan media sosial bisa jadi menjadi sebuah hambatan besar.

Pemilik usaha baik besar maupun kecil mau tidak mau harus segera beradaptasi agar mampu mengaplikasikan pemasaran online dengan sebaik-baiknya. Karena bagaimanapun juga generasi milenial adalah pangsa pasar terbesar saat ini dan juga yang akan datang. Mereka adalah generasi yang sangat tergantung dengan internet, termasuk didalamnya memenuhi kebutuhannya secara online.

Salah satu cara melakukan pemasaran online adalah dengan memanfaatkan situs-situs media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, dan lain-lain.

Kesannya memang mudah, tinggal daftar dan buat akun di media sosial tersebut, lalu pasarkan produk yang hendak kita jual. Namun ternyata da beberapa hal yang harus dipahami agar aktivitas pemasaran online bagi pemula menjadi tepat sasaran, efektif dan mendapatkan respon yang baik.

Pilih platform media sosial yang dianggap paling sesuai.
Banyaknya platform media sosial yang ada membuat pemilik usaha kecil harus pintar-pintar memilih platform mana yang paling sesuai dengan produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Memahami target konsumen yang disasar adalah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memutuskan memilih media sosial mana yang akan digunakan. Facebook adalah salah satu platform paling populer karena memiliki filter demografi yang bagus dan sampai sekarang dianggap sebagai pilihan terbaik untuk memasarkan produk.
Sementara itu, jika target pasar produk anda adalah komunitas bisnis dan para profesional, maka platform yang paling sesuai untuk golongan ini adalah LinkedIn. Platform ini dikembangkan dengan tujuan sebagai alat komunikasi dan database pekerja atau profesional.
Sedikit berbeda dengan Facebook dan LinkedIn, Twitter lebih cocok digunakan sebagai sarana menciptakan dan menjaga citra produk atau perusahaan, mencari pengikut atau follower dan menciptakan ikatan dengan mereka.

Baca juga: Memberi Gaji Diri Sendiri Meskipun Sebagai Pemilik Usaha

Rutin update atau posting secara berkala.
Ini adalah salah satu hambatan terbesar ketika melakukan pemasaran online bagi pemula, terutama yang belum terbiasa menulis konten. Tapi mau tidak mau, jika ingin produk yang ditawarkan terdeteksi oleh pembaca atau mesin pencari maka harus melakukan update atau posting informasi-informasi terbaru secara rutin. Termasuk gambar-gambar baru, tautan-tautan baru yang relevan, dan sebagainya untuk memperlihatkan aktivitas dari usaha yang anda miliki.
Biasanya pembaca atau pengikut akan melihat-lihat informasi di gadget mereka sambil minum kopi di pagi hari atau diwaktu senggang setelah mereka menidurkan bayinya di siang hari. Pelajari perbedaan hasil posting ketika dilakukan pada waktu yang berbeda, sehingga anda memahami waktu mana yang paling efektif untuk update atau posting.

pemasaran online bagi pemula

Pemasaran Online Bagi Pemula Maupun Master Sama-sama Membutuhkan Interaksi Aktif Dengan Pembaca Atau Follower

Bagikan hanya informasi yang berguna dan ajak pembaca untuk berkomentar.
Jangan paksakan untuk mengisi atau update media sosial dengan informasi yang tidak berguna atau bahkan tidak relevan dengan produk yang anda pasarkan. Pahami bahwa hanya informasi yang berguna dan menarik bagi pembaca yang akan anda tulis dalam update media sosial. Dorong dan pancing pembaca untuk mengunjungi toko anda dengan kupon diskon atau sejenisnya dengan masa berlaku yang terbatas.
Ajak dan dorong pengikut media sosial anda untuk ikut berkomentar terhadap update atau posting yang ada. Minta pendapat mereka tentang informasi baru yang telah di update. Berikan kesempatan kepada pembaca untuk memberikan komentar pada tulisan atau gambar produk yang anda posting. Ini adalah cara untuk menciptakan kesenangandan ikatan dengan pengikut. Hal ini juga akan mendorong mereka untuk ikut dan senang membagi informasi atau gambar yang ada di media sosial anda di jaringan mereka secara sukarela. Membangun komunitas melalui komunikasi terkait produk atau informasi yang anda posting di media sosial adalah strategi yang baik untuk melakukan pemasaran online.

Kata kunci dan hashtag.
Menurut Wikipedia, kata kunci adalah sebuah kata atau frasa yang digunakan untuk menemukan halaman web yang sesuai dan berguna. Identifikasi kata kunci atau keyword dan hashtag yang tepat dapat memperluas cakupan dari update Twitter dan Facebook yang anda lakukan. Hal ini tentu saja memperluas jangkauan produk kepada calon pembeli potensial.
Jika sudah memutuskan untuk melakukan pemasaran secara online maka sebaiknya luangkan waktu untuk mempelajari penggunaan keyword dan hashtag agar hasilnya menjadi lebih maksimal.

Jangan lupa berinteraksi.
Sesuai namanya, media sosial adalah tempat melakukan sosialisasi atau berinteraksi satu dengan yang lain. Jika anda melakukan pemasaran online di media sosial tapi lambat dalam berinteraksi maka sudah pasti akan ditinggalkan oleh calon pembeli. Pastikan anda membaca dengan cermat komentar atau pertanyaan yang muncul. Balas dan lakukan komunikasi sesegera mungkin sebelum momentum yang ada hilang.
Tidak adanya respon balik kepada komentar atau pertanyaan di media sosial anda pada akhirnya akan menjadi publikasi yang kurang baik. Kehilangan momentum akibat dari lambatnya respon bisa mengakibatkan calon konsumen berpindah ke pesaing yang lebih cepat memberikan respon balik.

Baca juga: Aspek Penting Yang Perlu Dipahami Ketika Mulai Menjalankan Bisnis Kuliner

Perlu dipahami bahwa sifat media sosial yang segera dan cepat bisa menjadi alat pemasaran online yang hebat. Namun dengan sifatnya yang mendekati instan itu, potensi publikasi yang buruk juga besar jika kita tidak mengelola media sosial dengan baik dan tepat. Media sosial juga menjadi alat yang tepat untuk merubah isu-isu terkait layanan pelanggan menjadi peluang untuk menunjukkan komitmen usaha. Komitmen usaha dalam memberikan layanan pelanggan secara cepat dan istimewa.

2 KOMENTAR

  1. Terimakasih atas semua panduannya.ini sangat membantu kami.hanya kalau boleh postingkan juga produk2 yg baru,yang sekiranya laku untuk dijual.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here