persaingan bisnis

Membentuk Sikap Mental Positif Adalah Bekal Yang Paling Baik Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis

Salah satu hal yang menjadi tantangan bagi pengusaha, terutama yang masih baru, adalah persaingan dengan kompetitor. Persaingan bisnis atau persaingan usaha sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari suatu usaha, apapun bentuk usahanya. Dari usaha yang bersifat tradisional semacam warung makan atau toko kelontong, sampai dengan usaha yang berbasis teknologi canggih.

Semakin berkembangnya teknologi informasi juga menjadi salah satu faktor penyebab persaingan usaha semakin ketat. Saat ini calon konsumen dapat jauh lebih mudah mencari produk serupa dari beberapa penjual untuk dibandingkan. Baik dari segi harga, kualitas, maupun layanan yang diberikan oleh pihak penjual. Kondisi semacam ini pada akhirnya memaksa pengusaha untuk lebih siap dan sigap menghadapi persaingan jika ingin usaha yang dijalaninya berjalan dengan baik.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menghadapi ketatnya persaingan bisnis ini. Namun yang paling penting dan menjadi dasar kuat dalam menghadapai persaingan usaha adalah sikap mental dari pengusaha tersebut. Jika mental dalam menghadapi persaingan usaha sudah siap maka langkah sigap pasti akan bisa terwujud.

Baca juga: Cara Mudah Untuk Mengukur Kesehatan Finansial Sebuah Bisnis

Lantas sikap mental yang bagaimana yang harus dimiliki oleh pengusaha, terutama pengusaha pemula yang baru terjun berwirausaha dalam menghadapi persaingan bisnis? Berikut beberapa diantaranya.

Menikmati Persaingan Bisnis Dan Jangan Dijadikan Beban
Karena persaingan sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan usaha maka langkah paling mudah adalah mencoba untuk menikmatinya. Dengan menikmati persaingan usaha yang terjadi maka akan mengasah mental menjadi terbiasa dan tidak takut dengan hal tersebut. Selain itu, dengan menikmati persaingan usaha biasanya akan mendorong terciptanya ide-ide kreatif untuk menghadapinya.
Sebaliknya, jika pengusaha hanya bisa meratapi adanya persaingan usaha maka bisa dipastikan usaha yang dijalankan tidak akan berlangsung lama. Rasa sedih dan ketakutan sendiri tentu akan menghambat munculnya ide-ide kreatif untuk menghadapinya. Bagi pengusaha, persaingan usaha itu nyata dan harus dihadapi bukan diratapi.

persaingan bisnis

Selalu Ada Sisi Yang Berguna Yang Bisa Diambil Dari Suatu Persaingan Bisnis

Jadikan Persaingan Sebagai Motivasi Dan Jangan Anggap Pesaing Sebagai Musuh
Mental yang siap dan pikiran positif akan membantu pengusaha untuk memandang persaingan usaha sebagai sumber motivasi untuk lebih maju lagi. Munculnya motivasi untuk maju dan berkembang ini merupakan dasar yang kuat bagi pengusaha untuk mengembangkan usahanya. Melihat perkembangan yang dicapai oleh pesaing akan menjadi dorongan kuat bagi pengusaha yang berpikiran positif untuk mengikutinya atau bahkan melampauinya.
Menghadapi pesaing juga sebaiknya dengan pikiran positif dan tidak menganggap pesaing sebagai musuh. Menganggap pesaing sebagai musuh akan mempengaruhi anda untuk bernafsu mengalahkan dengan berbagai cara sehingga pada akhirnya melupakan fungsi utama anda dalam menjalankan usaha. Jika hal ini terjadi maka pihak yang paling dirugikan adalah anda sendiri. Anda akan kehilangan waktu yang seharusnya digunakan untuk memikirkan dan mengembangkan usaha.

Jadikan Persaingan Sebagai Alat Ukur Dan Dasar Pengembangan Produk
Persaingan bisnis bisa dijadikan sebagai penilaian dan tolak ukur keberhasilan dalam memasarkan produk yang dijual. Baik dari aspek produk maupun layanan kepada pelanggan yang diberikan. Apakah sudah lebih baik dibandingkan dengan produk dan layanan pesaing, ataukah masih membutuhkan pembenahan dan penyempurnaan agar lebih mampu bersaing. Alat ukur ini juga berguna untuk melihat apakah pasar masih menginginkan produk yang kita jual ataukan ada perubahan keinginan atau selera konsumen.
Memahami peta persaingan usaha dan tidak tergoda untuk bernafsu menghalalkan segala cara untuk mengalahkan pesaing merupakan modal yang baik untuk berkreasi dan mengembangkan produk. Tidak ada salahnya belajar dari kekurangan yang ada dan berkreasi berdasarkan keunggulan yang dimiliki oleh pesaing.

Baca juga: Tips Menciptakan Toko Kelontong Yang Oke Di Mata Pelanggan

Demikianlah, jika kita berbicara tentang persaingan bisnis atau persaingan dalam menjalankan usaha. Salah satu faktor utama yang berperan penting dalam menghadapinya adalah sikap mental dan kemampuan untuk berpikir positif. Perlu dipahami juga bahwa persaingan itu tidak selamanya memberikan pengaruh buruk pada usaha yang kita jalani. Kita masih dapat mengambil keuntungan dengan adanya persaingan tersebut yang bisa digunakan untuk mengembangkan dan memajukan usaha.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here