melatih sopan santun

Orang Tua Memiliki Peran Utama Dalam Melatih Sopan Santun bagi Anak

Sopan santun adalah salah satu hal penting yang membentuk karakter seorang anak yang baik. Dan karakter tersebut akan menentukan apakah anak tersebut akan bisa bersosialisasi dengan baik di lingkungan masyarakat sekitarnya. Agar sopan santun bisa terbentuk dengan baik maka melatih sopan santun bagi anak idealnya dimulai sedini mungkin dalam lingkungan keluarga sendiri.

Orang tua sudah dapat mengajarkan tentang sopan santun kepada anak sejak anak berusia 1-2 tahun. Agar proses pembelajaran atau melatih sopan santun bagi anak dapat berjalan baik dan efektif, sebaiknya para orang tua memperhatikan hal-hal berikut ini.

Beri Contoh Langsung
Anak adalah peniru yang hebat. Jadi jika ingin melatih sopan santun bagi anak, berilah contoh langsung kepada mereka. Tunjukkan sikap yang baik saat berada di rumah atau di tempat umum, serta gunakanlah kata-kata yang baik dan sopan. Sebaiknya orang tua benar-benar menghindari penggunaan kata-kata kasar, umpatan, atau sumpah serapah, kecuali jika anda ingin anak meniru perilaku tersebut.

Baca juga: Cara Bijak Mendorong Anak Belajar Berbagi Sejak Usia Dini

Mulai Dari Yang Sederhana
Langkah awal mengajari atau melatih sopan santun bagi anak adalah melalui hal-hal yang sederhana. Sebagai langkah awal orang tua bisa mengajari anak agar terbiasa untuk mengucapkan “minta tolong” dan “terima kasih”. Hal ini akan menciptakan kebiasaan sikap santun pada anak. Semakin sering anak mendengar ucapan itu maka semakin cepat dia akan mencontohnya.

melatih sopan santun

Orang Tua Jangan Pernah Bosan Memberi Contoh Dan Melatih Sopan Santun Bagi Anak

Dorong Mereka Untuk Melakukannya Ketika Bersosialisasi
Setelah banyak belajar di rumah pada saatnya nanti orang tua harus mendorong anak agar menerapkan perilaku sopan santun. Baik ketika dia bermain dengan teman-temannya atau ketika sedang bersosialisasi dengan orang lain. Ada kalanya anak akan “gagal” menerapkannya atau bertengkar dengan teman mainnya. Untuk itu tugas orang tua adalah mengingatkan dan terus mengarahkan anak agar memahami bagaimana dia sebaiknya bersikap sesuai dengan contoh yang telah diajarkan oleh orang tuanya.

Beri Pujian
Penting bagi orang tua untuk memberikan pujian ketika anak sudah mulai bisa berperilaku sopan. Selain anak merasa dihargai, pujian yang diberikan akan mendorong anak untuk selalu belajar sopan santun dan menimbulkan rasa percaya diri ketika melakukannya.

Baca juga: Cara Mengenalkan Uang Pada Anak Usia Dini Yang Perlu Diketahui

Konsisten
Melatih sopan santun bagi anak adalah proses yang panjang. Dari mulai ketika anak masih belum bisa meniru perilaku yang dicontohkan oleh orang tua, sampai dengan menjelang remaja. Orang tua sebaiknya tidak pernah lelah untuk memberi contoh, melatih, dan mengarahkan perilaku sopan santun anak.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here