menjalankan bisnis kuliner

Menjalankan Bisnis Kuliner Itu Menarik Karena Tidak Ada Matinya

Menjalankan bisnis kuliner mungkin adalah salah satu impian anda. Bisnis kuliner berkembang dengan pesat belakangan ini. Tidak hanya dalam skala besar, bisnis kuliner dalam skala rumah tangga pun semakin banyak bermunculan. Ada banyak faktor yang menyebabkan pesatnya perkembangan bisnis kuliner baik makanan maupun minuman dalam skala rumah tangga.

Kondisi bisnis kuliner yang dirasa menjanjikan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang belum terlibat untuk ikut serta meramaikannya. Dari mereka yang sudah berpengalaman hingga mereka yang baru pertama kali terjun. Dari mereka yang benar-benar niat sampai dengan mereka yang hanya sekedar coba-coba saja pada awalnya.

Khusus untuk yang masih belum berpengalaman atau masih baru bergerak untuk menjalankan bisnis kuliner, berikut ini adalah beberapa hal penting yang memiliki pengaruh besar terhadap sukses tidaknya usaha kuliner.

Kualitas Produk
Senjata utama anda dalam menghadapi persaingan ketika menjalankan bisnis kuliner adalah produk yang berkualitas baik atau bahkan istimewa. Kualitas disini meliputi cita rasa, bahan baku, cara penyajian, hingga pada kemasan atau bungkus dari produk kuliner yang dijual. Selain itu, faktor kebersihan dan kesehatan bagi konsumen juga harus diperhatikan.

Konsistensi Pada Produk Dan Layanan
Jangan sampai produk kuliner yang anda jual hanya terasa enak di awal-awalnya saja atau layanan yang diberikan hanya ramah pada saat kedai atau warung baru buka saja. Untuk itu ada baiknya jika usaha kuliner yang anda jalankan memiliki semacam SOP (Standard Operational Procedure) baik untuk proses produksi maupun untuk cara melayani konsumen. Memiliki SOP yang baik akan mempermudah anda jika dikemudian hari berencana untuk membuka cabang di lokasi lain. Sehingga kualitas produk kuliner yang ditawarkan dan cara pelayanan akan sama untuk semua outlet yang ada.

Baca juga: Barang Dagangan Toko Kelontong Yang Wajib Ada

Lokasi Usaha
Lokasi usaha tidak dipungkiri adalah salah satu faktor pendukung kesuksesan dalam menjalankan bisnis kuliner. Lokasi usaha yang strategis memungkinkan anda untuk menjaring konsumen lebih banyak. Meskipun demikian anda mungkin tidak perlu terlalu ngotot atau memaksa mencari lokasi usaha yang paling strategis. Jika dirasa lokasi sudah memadai dan cocok dengan produk kuliner yang dijual maka gunakan lokasi tersebut sebaik-baiknya.

menjalankan bisnis kuliner

Anda Dituntut Konsisten Jika Ingin Berhasil Dalam menjalankan Bisnis Kuliner

Promosi
Ini adalah aspek yang cukup sering diabaikan oleh pengusaha kuliner pemula. Memang mungkin bakal ada biaya untuk ini namun rasanya akan setimpal dengan terciptanya kesadaran calon konsumen bahwa ada produk kuliner baru di lingkungannya. Promosi ini juga berguna untuk menciptakan persepsi kepada calon konsumen tentang apa dan bagaimana citra dari produk kuliner yang anda tawarkan. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial online untuk mempromosikan produk kuliner yang anda jual. Penggunaan media sosial semacam instagram, facebook, maupun twitter akan sangat membantu mengingat perilaku generasi milenial yang lekat dengan teknologi.

Manfaatkan Jasa Pemesanan Dan Pengiriman Online
Adanya jasa transportasi online yang didalamnya memiliki fitur jasa pemesanan atau pembelian makanan dan minuman sangat bisa anda manfaatkan. Malahan ini adalah salah satu pendorong bermunculannya berbagai bisnis kuliner rumahan belakangan ini. Yang perlu anda lakukan hanya mendaftar di kantor jasa transportasi online yang akan anda gunakan. Jangan lupa siapkan foto dan deskripsi produk kuliner anda sebaik mungkin.

Tertib Administrasi Keuangan
Ini adalah hal yang paling sering diabaikan oleh pebisnis pemula. Banyak yang beranggapan pencatatan keuangan usaha tidak terlalu penting karena yang paling penting adalah bagaimana bisa menjual produk. Mungkin ada benarnya, namun jika mengabaikan hal ini bagaimana anda bisa mengetahui bahwa usaha anda sudah berada di jalur yang benar. Lakukan pencatatan yang sederhana saja jika memang anda kurang paham masalah akuntansi. Sehingga anda bisa mengetahui berapa banyak biaya yang sudah dikeluarkan, berapa hasil dari penjualan produk, dan berapa keuntungan yang benar-benar diperoleh setelah dipotong pembayaran honor dan biaya lain-lain.

Baca juga: Memberi Gaji Diri Sendiri Meskipun Sebagai Pemilik Usaha

Menjalankan bisnis kuliner memang membutuhkan kesabaran. Bulan-bulan awal adalah masa pertaruhan apakan bisnis ini akan bertahan dan berhasil atau sebaliknya. Pada akhirnya yang mampu bertahan dan berhasil adalah mereka yang mampu menciptakan produk kuliner yang hebat, lezat, dan konsisten dalam kualitas produk dan layanan yang diberikan kepada konsumen.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here