pola makan sehat di tempat kerja

Biasakan Makan Sehat Di Tempat Kerja Untuk Menjaga Konsentrasi Dan Fokus Dalam Bekerja

Sebagai pegawai atau karyawan sebuah kantor, makan siang di lokasi kerja adalah hal yang lumrah dilakukan dan tentu semua pasti ingin memiliki pola makan sehat di tempat kerja. Ada perusahaan yang menyediakan makan siang bagi karyawannya, sehingga para karyawan cukup datang ke ruang makan untuk makan siang dengan menu yang telah disiapkan oleh juru masak atau katering. Sementara bagi karyawan lain yang perusahaan atau kantornya tidak memberikan fasilitas tersebut mau tidak mau harus mencari sendiri menu makan siang mereka.

Dalam kondisi normal, biasanya waktu istirahat yang diberikan cukup bagi seorang karyawan untuk mencari tempat makan siang. Namun kadang kala karena pekerjaan yang mendesak, beberapa karyawan tidak sempat keluar untuk makan siang. Biasanya mereka akan menggantinya dengan camilan atau makanan ringan sebagai pengganjal perut sementara.

Konsentrasi penuh kepada pekerjaan akan merangsang seorang pekerja untuk mengkonsumsi makanan yang cenderung memiliki rasa manis. Jika kondisi kerja yang seperti ini kurang diperhatikan maka hal tersebut dapat merubah pola kebiasaan makan yang ada. Dan tentu saja kebiasaan makan makanan manis kurang baik bagi kesehatan.

Baca juga: Jangan Berlebihan Makan Makanan Pedas Jika Tidak Ingin Terkena Hal Ini

Jika demikian maka bagaimana cara dan menu makan yang sehat di kantor? Terutama untuk pekerja yang cenderung workaholic yang terlalu fokus pada pekerjaan sehingga cenderung mengabaikan waktu makan siang. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa diambil untuk makan sehat di lokasi kerja.

pola makan sehat di tempat kerja

Menjaga Pola Makan Sehat Di Tempat Kerja Sebenarnya Tidak Sulit

  • Hanya makan pada saat benar-benar lapar.
    Godaan makan di tempat kerja bisa jadi berasal dari banyak sumber. Dari teman sekerja yang membawa makanan dengan aroma yang menggoda selera, sampai dengan iklan makanan yang muncul dilayar monitor komputer kerja. Jangan mudah tergoda untuk segera makan pada saat itu juga. Atur pola makan setidaknya 2 sampai 3 jam sekali, baik untuk sekedar camilan maupun menu utama makan siang. Memberikan jeda waktu yang teratur untuk camilan dan makan adalah salah satu cara makan yang sehat dan juga salah satu cara diet yang tepat.
  • Jangan makan di meja kerja.
    Selain menyebabkan meja kerja kita bisa menjadi kotor, orang yang makan di meja kerja memiliki kecenderungan untuk makan dalam porsi yang lebih banyak. Keinginan untuk makan di meja kerja akan mendorong orang untuk memilih menu yang lebih praktis yang cenderung lebih tidak sehat. Sebaiknya diusahakan untuk makan bersama di kantin atau tempat makan yang ada sehingga bisa memilih menu makanan yang lebih sehat dan menjalin interaksi sosial dengan sesama rekan kerja.
  • Pilihlah menu makanan yang lebih sehat.
    Untuk porsi makanan utama pilihlah menu yang sehat dan sebaiknya perbanyak porsi sayur dalam menu tersebut. Sedangkan untuk camilan atau makanan ringan disela-sela waktu kerja, pilihlah camilan yang sehat pula. Camilan yang tidak terlalu banyak mengandung garam maupun gula. Akan lebih baik lagi jika camilan yang dipilih adalah makanan yang berbahan dasar tanaman. Selain itu jangan lupa juga selalu sediakan air putih dalam jumlah yang cukup di meja kerja dan juga ketika makan siang.
  • Boleh makan camilan tapi sedikit saja.
    Meskipun telah memilih camilan yang sehat, bukan berarti harus dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Kendalikan dan batasi jumlah camilan yang dikonsumsi disela-sela waktu kerja. Atur jumlahnya sesuai dengan kebutuhan yang wajar sehingga tidak merusak pola makan anda.

Baca juga: Ingin Menjaga Kualitas Daya Ingat? Konsumsilah Minuman Cokelat Panas

Itulah beberapa tips makan sehat di tempat kerja yang sebenarnya mudah untuk dilakukan. Dengan memilih menu yang sehat untuk camilan dan makan di tempat kerja serta mengendalikan porsi yang dimakan maka niscaya kondisi tubuh akan selalu siap untuk tetap fokus dalam bekerja.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here