barang dagangan toko kelontong

Memilih Barang Dagangan Toko Kelontong Yang Tepat Bisa Membuat Pengelolaan Toko Lebih Efisien

Jika anda berencana membuka warung atau toko kelontong tentu pernah berpikir barang dagangan toko kelontong yang wajib ada itu apa. Apa harus semua barang kita sediakan di warung atau toko kelontong yang kita kelola? Jika tidak harus semua, maka barang apa saja yang seharusnya dijual?

Pada umumnya warung atau toko kelontong dan barang dagangan didalamnya didesain dan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Bersifat lokal dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di lingkungan sekitar warung atau toko. Demikian kurang lebih menurut Wikipedia Indonesia. Oleh karena itu tidak dibutuhkan ukuran yang terlalu luas dan tidak semua barang dagangan perlu untuk dipajang atau dijual didalamnya.

Keterbatasan ruang di toko dan keterbatasan petugas atau penjual yang mengawasi mengharuskan pengelola toko kelontong untuk mampu memilih barang dagangan apa saja yang wajib ada didalam tokonya sehingga mampu memenuhi kebutuhan konsumen yang datang. Dan dengan semua keterbatasan tersebut bukan berarti sebuah toko kelontong mengabaikan kebutuhan para pelanggannya.

Pemilihan kategori barang dagangan yang tepat merupakan salah satu kunci sukses bagaimana sebuah toko kelontong dapat mempertahankan pelanggan dan menjadi lebih berkembang. Berikut ini adalah beberapa jenis barang dagangan yang wajib ada dalam sebuah toko kelontong di lingkungan perumahan.

1. Makanan dan Minuman Ringan
Produk kategori ini merupakan sasaran utama konsumen ketika memasuki toko kelontong, terutama toko kelontong yang berada di lingkungan perumahan penduduk yang banyak terdapat anak kecil. Produk makanan dan minuman ringan yang dijual juga harus memenuhi ekspektasi harga konsumen disekitar toko karena faktor harga masih menjadi penentu utama untuk jenis produk seperti ini.

Baca juga: Memberi Gaji Diri Sendiri Meskipun Sebagai Pemilik Usaha

2. Obat-obatan Bebas
Penyakit ringan yang umum diderita biasanya tidak jauh dari batuk, flu, atau sakit kepala. Konsumen biasanya lebih memilih untuk membeli di toko kelontong terdekat (kecuali ada apotek) apabila membutuhkan obat-obatan ringan semacam obat flu dan sakit kepala. Jarak dan kecepatan dalam memperoleh menjadi alasan utama untuk itu.

barang dagangan toko kelontong

Pemilihan Barang Dagangan Toko kelontong Yang Tepat Juga Bisa Mempercepat Perputaran Modal

3. Kebutuhan Dapur
Kebutuhan dapur biasanya terpenuhi melalui belanja bulanan di supermarket atau sejenisnya. Namun ada kalanya persediaan tersebut habis sebelum akhir bulan sehingga toko kelontong yang dekat dengan rumah menjadi salah satu solusi pemenuhan kebutuhan seperti minyak goreng, telur, mentega, gula, dll.

4. Rokok
Meskipun ini termasuk kebiasaan kurang sehat, kebiasaan merokok masyarakat Indonesia yang masih tinggi. Tentu ini adalah peluang bagi toko kelontong. Alasan kepraktisan dalam membeli menjadikan barang dagangan ini wajib ada dalam sebuah toko kelontong atau warung.

5. Kebutuhan Kamar Mandi
Meskipun biasanya dipenuhi melalui belanja bulanan, namun tidak semua melakukan hal itu. Belanja di toko terdekat masih menjadi pilihan bagi banyak orang untuk memenuhi kebutuhan kamar mandi seperti sabun, pasta gigi, dan shampo.

6. Pulsa Telepon
Perkembangan kepemilikan telepon seluler tentu berimbas pada meningkatnya kebutuhan pulsa. Sasaran termudah bagi pemilik ponsel untuk membeli pulsa tentu warung atau toko kelontong terdekat. Sayang sekali jika peluang ini dilewatkan begitu saja.

Baca juga: Tips Menciptakan Toko Kelontong Yang Oke Di Mata Pelanggan

Setelah jenis-jenis barng dagangan diatas dipenuhi dan tersedia didalam toko kelontong, pengelola bisa menambahkan jenis produk lain. Yang mana sebaiknya disesuaikan dengan lingkungan sekitar atau perilaku konsumen yang menjadi pelanggannya. Namun biasanya barang-barang yang dibutuhkan oleh konsumen toko kelontong pasti tidak jauh-jauh dari kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

BAGIKAN

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here