cara mengenalkan uang pada anak usia dini

Cara Mengenalkan Uang Pada Anak Usia Dini Ternyata Tidak Sulit Untuk Dilakukan

Mengenalkan uang pada anak adalah hal yang gampang-gampang sulit. Karena uang merupakan kebutuhan hidup yang krusial maka hampir disemua aspek kehidupan modern ini membutuhkan atau melibatkan uang didalamnya. Oleh karena itu pengetahuan tentang uang, bagaimana memperolehnya, dan bagaimana mengelolanya dengan benar perlu diberikan sedini mungkin. Mengenalkan uang, memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang uang, dan bagaimana mengelola uang kepada anak kita sedini mungkin bisa jadi merupakan langkah yang bijak. Semakin dini memberikan pemahaman dan mengenalkan alat tukar kepada anak-anak maka akan semakin cepat mereka bisa menghargai bagaimana sulitnya memperolehnya, dan ketika dewasa mereka akan semakin baik dalam mengelola keuangan pribadinya.

Ada banyak cara yang baik dan bisa ditempuh guna mengenalkan alat pembayaran kepada anak-anak. Berikut ini adalah beberapa cara mengenalkan uang pada anak usia dini yang bisa dilakukan.

Kenalkan Anak-anak Kepada Uang
Ketika anak-anak sudah mengenal angka dan sudah mulai bisa menghitung, mulailah aktif mengenalkan uang kepada mereka dengan menunjukkan satuan-satuan yang ada. Mulai dari uang koin sampai dengan uang kertas pecahan terbesar. Ajak mereka untuk bermain menjumlahkan atau mengurangi dengan menggunakan pecahan uang yang ada.

Baca juga: Cara Bijak Mendorong Anak Belajar Berbagi Sejak Usia Dini

Beri Contoh Nyata
Mengenalkan dan memberikan pelajaran tentang uang kepada anak-anak menjadi semakin mudah apabila kita memiliki pengalaman nyata tentang hal itu. Anak-anak umumnya cukup cerdas dan mampu melihat orang tuanya sebagai contoh yang baik. Mereka tidak akan mudah percaya jika orang tua yang memberikan pelajaran ternyata belum mampu mengelola keuangan keluarga dengan baik.

cara mengenalkan uang pada anak usia dini

Cara Mengenalkan Uang Pada Anak Usia Dini Sebaiknya Dlakukan Dengan Hati-hati

Beri Anak-anak Uang Saku
Pemberian sebaiknya tidak setiap hari, melainkan berkala seminggu sekali atau sebulan sekali. Berikan mereka uang saku semampu kita sebagai orang tua. Bukan berapa jumlah uang saku yang mereka terima yang menjadi titik persoalan tetapi lebih pada memberikan anak-anak kesempatan untuk memegang kendali, bertanggung jawab, dan belajar mengambil keputusan apa yang akan dilakukan dengan uang yang dimilikinya.

Ajari Secara Bertahap
Mengenalkan uang dan memberikan pelajaran tentangnya kepada anak-anak juga jangan terburu-buru. Ajari secara bertahap satu demi satu. Misalnya bulan ini kita memberikan pengetahuan tentang bagaimana membuat rencana belanja atau anggaran, kemudian bulan berikutnya baru kita ajari yang lain, menabung misalnya. Memberikan pengetahuan dan pembelajaran tahap demi tahap akan memudahkan anak-anak untuk menyerap dan memahami dengan baik.

Lakukan Diskusi Tentang Uang Bersama-sama
Salah satu langkah penting terkait cara mengenalkan uang pada anak usia dini adalah melakukan pemantauan. Pantau secara teratur bagaimana anak-anak mengelola uang yang dipegangnya. Ajak mereka bicara atau diskusi secara terbuka bersama-sama. Beri masukan pada permasalahan yang mereka hadapi dan beri dukungan untuk lebih baik. Berbicara bersama tentang uang secara berkala juga menjaga agar semua tetap berada di jalur yang benar.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Bersama Pasangan

Cara mengenalkan uang pada anak usia dini diatas hanya beberapa contoh yang bisa dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan pembelajaran awal tentang alat tukar kepada anak-anak kita. Masih banyak langkah lanjutan lain yang bisa dilakukan untuk menambah pengetahuan dan wawasan anak-anak tentang bagaimana bertanggung jawab dan mengelola keuangan mereka dengan baik, yang mana merupakan bekal yang sangat berguna ketika dewasa nanti.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here