susah tidur

Pada Dasarnya Susah Tidur Itu Bisa Dikenali Dan Mudah Diantisipasi

Tidur normal adalah tidur yang sehat atau sebaliknya, tidur sehat adalah tidur yang normal. Sedangkan gangguan tidur dapat digambarkan jika seseorang yang susah tidur atau tidak dapat tidur dengan normal dan nyaman. Ketidaknyamanan di kamar tidur biasanya ditunjukkan dengan tidur yang gelisah. Banyak bergerak atau suara dengkuran yang keras ketika sedang tidur.

Berbaring selama berjam-jam tapi susah tidur juga menjadi salah satu ciri dari gangguan tidur. Banyak diantara kita yang tidak bisa mendapatkan tidur sehat atau mengalami gangguan tidur. Namun tidak banyak yang paham dan menyadari sedang mengalami hal tersebut.

Waktu Normal Untuk Tidur
Tidak ada ketentuan yang mengatakan berapa waktu pasti yang dibutuhkan manusia untuk dapat tidur dengan baik. Secara umum, orang dewasa membutuhkan waktu antara tujuh sampai sembilan jam untuk tidur malam. Sementara orang dewasa lainnya bisa melakukannya hanya dengan enam jam. Bahkan tidur dengan jangka waktu lebih lama juga masih bisa dianggap normal.

Baca juga: Tubuh Anda Mudah Lelah? Mungkin Ini Penyebabnya

Namun perlu dipahami bahwa menghabiskan waktu lebih lama di tempat tidur bisa menjadi ciri-ciri penyakit seperti depresi atau sindrom kelelahan kronis. Jadi, menemukan kebutuhan waktu tidur yang ideal bagi diri anda sendiri adalah kunci untuk mendapatkan tidur yang sehat.

susah tidur

Kondisi Tubuh Sehari-hari Bisa Jadi Indikator Adanya Gangguan Atau Susah Tidur

Kurang Tidur Bisa Mengganggu Kesehatan
Sebuah penelitian telah dilakukan di Inggris terhadap orang yang kurang tidur atau suash tidur. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang secara konsisten tidur malam kurang dari lima jam memiliki risiko tinggi terserang penyakit. Terutama penyakit tekanan darah tinggi dan gangguan jantung.
Kurang tidur juga meningkatkan risiko obesitas, diabetes, depresi, kecanduan alkohol, bahkan risiko kecelakaan ketika mengendarai kendaraan bermotor. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat menimbulkan dampak negatif langsung ke bagian dari otak yang berhubungan dengan mood dan konsentrasi.

Ciri-ciri Tidur Yang Sehat
Untuk bisa mendeteksi apakah tidur seseorang itu normal dan sehat atau mengalami gangguan, para ahli atau dokter membutuhkan informasi terkait dengan kualitas dan kuantitas tidur dari orang tersebut. Cukup sulit mendeteksi adanya gangguan tidur pada seseorang jika dilihat dari sudut pandang kualitas tidur. Seseorang yang menderita insomnia atau susah tidur akan dengan mudah mengetahui bahwa ada gangguan tidur dengan dirinya. Namun seseorang dengan dengkuran keras ketika tidur kemungkinan besar tidak menyadari bahwa dirinya mengalami gangguan tidur.

Baca juga: Sedikit Tentang Manfaat Teh Hijau dan Kopi Hijau Bagi Kesehatan

Sebenarnya ada ciri-ciri yang mudah sekali untuk dikenali guna melihat apakah seseorang mengalami gangguan tidur atau tidak, yaitu kondisi tubuh sepanjang hari ketika beraktivitas. Jika ketika bangun tidur kondisi tubuh cepat berangsur terjaga dan badan terasa segar maka dapat dipastikan orang tersebut telah tidur dengan normal dan sehat. Namun jika ketika bangun pagi tubuh sulit untuk terjaga, terasa masih sangat mengantuk dan sulit untuk fokus maka bisa dipastikan orang tersebut mengalami gangguan tidur.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here