cara hidup hemat

Bagi Sebagian Orang, Menjalani Cara Hidup Hemat Ternyata Gampang-gampang Susah

Setiap orang pasti ingin hidup hemat dan punya cara hidup hemat masing-masing. Tapi banyak yang belum berhasil. Apakah anda termasuk diantaranya? Hidup hemat sangat terkait erat dengan aktivitas belanja atau mengeluarkan uang. Mengeluarkan uang banyak tapi memperoleh manfaat dari itu masih bisa diterima akal. Namun mengeluarkan uang tanpa menerima manfaat semestinya alias boros bagaimana?

Semua pasti setuju jika mencari uang itu susah, perlu kerja keras dan pengorbanan yang tidak sedikit untuk bisa menghasilkan uang yang memadai terutama dikondisi perekonomian seperti belakangan ini. Namun di sisi lain, juga banyak yang setuju jika menghabiskan uang itu mudah, tidak sesulit bagaimana mendapatkannya.

Jika kita sadar dalam membelanjakan uang yang kita miliki, dalam hal ini memang membelanjakan berdasarkan kebutuhan maka hal itu memang tidak dapat dielakkan. Namun banyak juga kejadian yang memaksa kita mengeluarkan uang tanpa kita menikmatinya. Hal terakhir inilah yang seharusnya bisa dihilangkan atau paling tidak dikendalikan.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Bersama Pasangan

Berikut ini adalah contoh beberapa aktivitas cara hidup hemat yang gagagl. Aktivitas yang membuat kita mengeluarkan uang tapi tidak memperoleh manfaat yang sepadan dengan uang yang kita keluarkan untuk itu.

Lebih Sering Mana, Menonton TV Atau Ditonton TV?
Hampir semua orang pasti suka dan memiliki TV yang dipasang di kamar tidur. Dan biasanya jika sudah ada TV di kamar tidur tidak akan bisa tidur kalau tidak sambil menonton TV. Coba hitung sendiri, lebih banyak mana anda yang menonton TV atau TV yang menonton anda tidur? Sebenarnya ada solusi mudah untuk ini, yaitu gunakan timer untuk mematikan TV. Jadi ketika anda tertidur, maka TV pun ikut tidur. Sehingga anda tidak perlu membayar biaya listrik untuk TV yang menyala tapi tidak anda tonton. Ingat, selama TV menyala maka selama itu anda wajib mengeluarkan uang untuk biaya listriknya.

cara hidup hemat

Mencari Uang Itu Susah, Jadi Jangan Sampai Cara Hidup Hemat Yang Anda Lakukan Gagal

Lupa Matikan Lampu
Sudah siang lupa mematikan lampu, atau ketika pergi meninggalkan kamar tidak mematikan lampu. Memang terasa sepele namun jika diperhatikan coba anda hitung dalam sehari berapa jam lampu dirumah menyala sia-sia tanpa ada yang menikmati dan anda wajib membayar tagihan listrik untuk itu.

Cara Berkumur Ketika Gosok Gigi
Sebagian orang masih lebih suka menyalakan kran air dan menggunakan tangan untuk berkumur. Coba perhatikan, lebih banyak air yang tertangkap tangan atau air yang terbuang percuma. Ingat anda wajib membayar tagihan air untuk air yang terbuang percuma itu. Coba gunakan gayung atau gelas dan ambil air secukupnya jangan sampai ada yang terbuang percuma.

Bayar Denda Yang Seharusnya Bisa Dihindari
Ini juga menjadi salah satu kebiasaan yang sangat buruk terkait manajemen keuangan. Denda muncul karena kita tidak disiplin. Dan anda sama sekali tidak menikmati hasil pembayaran denda tersebut. Anda terpaksa harus mengeluarkan uang untuk menebus kesalahan anda yang seharusnya tidak terjadi jika anda disiplin.

Kena Tilang
Mau ikut sidang atau damai ditempat itu pilihan anda tetapi keduanya sama-sama perlu uang untuk menyelesaikan. Pada saat ikut ujian SIM tentu anda sudah mempelajari arti dan makna rambu-rambu lalu-lintas. Anda bisa membaca rambu dan tentu pahan arti rambu itu. Lantas, mengapa dilanggar? Uang anda akan keluar untuk hal yang sia-sia.

Baca juga: Cara Mengenalkan Uang Pada Anak Usia Dini Yang Perlu Diketahui

Dan masih banyak lagi cara hidup hemat yang gagal, anda bisa menambahkan sendiri. Yang mana intinya adalah karena cari uang itu susah maka jangan sampai anda dengan mudah membayar sesuatu tanpa anda peroleh manfaat yang sepadan untuk itu. Bagaimana, betul tidak?

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here