kecanduan gadget

Dalam Tingkatan Tertentu, Kecanduan Gadget Dapat Digolongkan Sebagai Gangguan Kejiwaan

Sebenarnya bisa tidak sih orang kecanduan gadget atau smartphone? Smartphone atau telepon pintar sudah semakin menjadi kebutuhan. Bahkan konon, saat ini jumlah smartphone yang diproduksi dan beredar di dunia jumlahnya lebih banyak daripada populasi manusia sebagai penggunanya.

Tentu banyak hal positif yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna telepon pintar ini seperti misalnya kecnggihan dalam berkomunikasi, kecepatan akses informasi, kemudahan transaksi perbankan, dll. Namun sebaiknya anda juga waspada karena ternyata tidak sedikit juga dampak negatif yang ditimbulkan dari telepon pintar ini yang tentunya akan sangat mengganggu. Salah satunya adalah kecanduan terhadap gadget atau smartphone.

Seperti halnya kecanduan terhadap obat-obatan, seseorang yang kecanduan smartphone memiliki ciri-ciri tertentu yang bisa dikenali dari perilakunya. Berikut ini adalah beberapa ciri dari seseorang yang memiliki kecanduan terhadap telepon pintar, apakah anda juga mengalaminya?

Baca juga: Tentang Bahaya Kecanduan Pornografi Yang Harus Anda Ketahui

Buru-buru Merespon
Salah satu ciri utama kecanduan gadget dapat dilihat dari perilaku pemilik smartphone yang merasa harus langsung membalas pesan yang masuk. Tidak peduli dia sedang apa atau dalam kondisi bagaimana, yang penting pesan yang masuk harus langsung atau segera dibalas. Jika tidak langsung merespon maka mereka yang kecanduan akan langsung cemas dan tidak bisa berkonsentrasi. Tidak peduli bahwa kondisi saat itu beresiko celaka hanya untuk sekedar membalas pesan yang masuk (misal: sedang menyetir atau mengendarai kendaraan bermotor).

kecanduan gadget

Kecanduan Gadget Atau Smartphone Memiliki Ciri-ciri Tertentu Yang Bisa Dikenali.

Tidak Peduli Kondisi Sekitar
Seseorang yang kecanduan dengan gadget atau smartphone miliknya memiliki kecenderungan untuk cuek atau tidak peduli dengan kondisi sekitarnya, terutama jika sudah asyik memainkan telepon pintar miliknya. Bahkan ketika sedang bekerja atau beraktivitas bersama dengan orang lain, misalnya sedang makan bersama atau jalan-jalan bersama, orang yang kecanduan smartphone akan lebih fokus dan sibuk sendiri dengan smartphone yang ada ditangannya.

Cemas Berlebihan Dan Gangguan Konsentrasi
Orang yang memiliki kecanduan smartphone akan cemas berlebihan jika lupa membawa smartphone miliknya. Kondisi tersebut menjadikannya sulit berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan yang pada akhirnya akan menurunkan performa kerjanya. Dalam beberapa kasus pulang kembali untuk mengambil smartphone yang ketinggalan jauh lebih penting daripada pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Hanya karena takut ketinggalan berita atau gosip di media sosial yang diikutinya.

Phantom Cellphone Syndrome
Ini adalah sindrom dimana seorang yang kecanduan smartphone sering merasakan adanya getaran nada panggil ketika menaruh smartphone didalam saku celananya padahal tidak ada panggilan atau pesan yang masuk. Sering terjadi ketika anda melakukan aktivitas jauh dari smartphone namun tiba-tiba merasa smartphone berbunyi tanda ada panggilan padahal tidak ada panggilan masuk. Gangguan ini bisa digolongkan termasuk gangguan kecanduan smartphone yang cukup parah yang mengarah pada gangguan kejiwaan.

Baca juga: Tahukah Anda Bahwa Susah Tidur Termasuk Sebuah Penyakit?

Nah, kira-kira apakah anda sudah atau pernah mengalami salah satu dari gejala-gejala diatas? Jika iya maka anda sudah termasuk orang yang kecanduan gadget. Berarti sudah waktunya anda mengelola waktu penggunaan smartphone anda dengan lebih bijak.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here