mudah lelah

Beberapa Aktivitas Sehari-hari Ternyata Menjadi Pemicu Tubuh Menjadi Mudah Lelah

Lelah itu alami tapi tubuh mudah lelah bisa jadi adalah gejala dari penyakit atau ada yang salah dengan metabolisme tubuh anda. Kurang tidur bukan menjadi satu-satunya hal yang membuat kita mudah atau selalu lelah sepanjang hari. Ada banyak hal lain yang menjadi penyebab tubuh mudah lelah, baik yang kita lakukan dan yang tidak kita lakukan ada yang berpotensi menjadi penyebabnya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab tubuh merasa mudah lelah ketika menjalankan aktivitas sehari-hari.

Kurang Minum Air
Kekurangan cairan tubuh bisa menjadikan tubuh mudah menjadi lelah. Meskipun hanya sekitar 2% dari kebutuhan normal, sangat berpengaruh pada tingkat energi dalam tubuh. Dehidrasi menyebabkan berkurangnya volume darah yang membuat darah lebih kental. Semakin kental darah maka kerja jantung menjadi kurang efisien sehingga mengurangi kecepatan sampainya oksigen dan nutrisi ke otot dan organ-organ tubuh.

Baca juga: Manfaat Teh Hijau dan Kopi Hijau Yang Baik Bagi Kesehatan

Kurang Konsumsi Zat Besi
Berkurangnya kandungan zat besi dapat membuat tubuh menjadi lamban, lemah dan kurang fokus. Tubuh terasa lelah karena kadar oksigen yang menuju otot dan sel menjadi berkurang. Kurangnya kandungan zat besi dalam tubuh dapat diantisipasi dengan banyak mengkonsumsi vitamin C, karena vitamin C mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi ketika dikonsumsi bersama dengan makanan yang mengandung zat besi.

mudah lelah

Mengenali Dan Menghindari Hal-hal Penyebab Mudah Lelah Sebenarnya Tidak Sulit Untuk Dilakukan

Tidak Sarapan
Tidak sarapan merupakan penyebab tubuh mudah lelah lainnya. Makanan yang kita makan merupakan bahan bakar bagi tubuh. Metabolisme tubuh akan ters bekerja ketika kita tidur malam dengan menggunakan makanan dari makan malam kita sebelumnya. Jadi ketika kita bangun pagi, tubuh membutuhkan sarapan guna mengisi ulang bahan bakar. Melewatkan sarapan akan menjadikan tubuh terasa lamban dan mudah lelah.

Terbiasa Mengkonsumsi Junk Food
Junk food ternyata juga menjadi pemicu tubuh mudah lelah ketika beraktivitas. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan gula seperti yang terkandung dalam makanan cepat saji memiliki Glycemic Index (GI) yang tinggi. Glycemic Index adalah sebuah indikator cepat tidaknya peningkatan kadar gula darah karena asupan karbohidrat. Kondisi kadar gula darah yang tingi dan kemudian turun secara tiba-tiba akan menyebabkan timbulnya rasa lelah tubuh.

Tidak Berolahraga Ketika Lelah
Melewatkan olahraga dengan tujuan menyimpan energi atau tenaga malah akan menjadi bumerang. Sebuah studi mengatakan bahwa seorang dewasa yang berolahraga ringan setidaknya tiga hari dalam semingu selama paling tidak 20 menit ternyata menjadi lebih tidak mudah lelah dan lebih berenergi setalah enam minggu. Olahraga rutin akan meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh, membantu sistem kardiovaskular berjalan lebih efisien dalam mengirimkan oksigen dan nutrisi ke organ tubuh.

Baca juga: Waktu Paling Ideal Untuk Memaksimalkan Manfaat Minum Air Putih

Kondisi Meja Kerja Yang Tidak Rapi
Tubuh mudah lelah ternyata juga bisa dipicu oleh faktor psikologis. Kondisi meja kerja yang berantakan dan tidak rapi akan membuat tubuh merasa lelah karena akan mengurangi kemampuan untuk fokus dalam bekerja dan menghambat kerja otak dalam memproses informasi. Menjadikan meja kerja rapi kembali sebelum pulang akan membantu memberikan energi positif pada keesokan hari ketika mulai bekerja.

Menjaga kondisi tubuh agar ideal dan tidak mudah lelah ternyata tidak terlalu sulit. Dan perlu dipahami juga ada faktor non-biologis yang juga bisa menjadi pemicu tubuh menjadi mudah lelah ketika beraktivitas.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here