minuman cokelat panas

Selain Nikmat, Minuman Cokelat Panas Ternyata Baik Untuk Otak

Segelas minuman cokelat panas di sore hari tentu sangat nikmat. Banyak orang yang suka menikmati minuman cokelat, baik dingin maupun panas. Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa mengkonsumsi minuman cokelat panas bisa menjaga kualitas daya ingat seseorang.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa cokelat adalah salah satu makanan paling populer di muka bumi ini. Sebagian besar penikmat dan penyuka cokelat menyukai cokelat karena rasa eksotis dan manis yang dimilikinya. Selain rasanya yang enak, cokelat ternyata sangat baik bagi kesehatan. Salah satu manfaat minuman cokelat adalah terjaganya kualitas daya ingat seseorang.

Konsumsi minuman cokelat panas diklaim mampu menjadikan memori otak menjadi lebih baik. Dengan demikian menjaga agar seseorang tidak menjadi mudah lupa. Otak bisa bekerja lebih baik karena minuman cokelat hangat mampu menjaga kelancaran aliran darah menuju otak.

Sebuah penelitian dilakukan kepada 60 orang sukarelawan dengan usia 70 tahun keatas. Penelitian ini dilakukan di Harvard Medical School dengan tujuan untuk mengetahui khasiat dari cokelat. Semua sukarelawan diminta untuk mengkonsumsi dua gelas cokelat panas setiap hari dan dilakukan selama satu bulan penuh.

Baca juga: Menjaga Kebugaran Otak Ternyata Mudah Dilakukan

Dalam proses penelitian tersebut, para sukarelawan tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung unsur cokelat. Selain dua gelas cokelat panas setiap hari yang sudah ditetapkan.

minuman cokelat panas

Minuman Cokelat Panas Mampu Melancarkan Aliran Darah menuju Otak

Hasil dari penelitian ini ternyata cukup mengejutkan. Sebagian besar sukarelawan mengalami peningkatan aliran darah ke otak dan mampu mempertahankan daya ingatnya sampai 8,3 persen. Perubahan juga tampak pada kemampuan para obyek penelitian tersebut dalam menyelesaikan tugas dalam bentuk soal-soal yang harus dijawab. Terjadi peningkatan rata-rata waktu penyelesaian dari 167 detik menjadi 116 detik.

Meskipun dalam penelitian tersebut kandungan cokelat yang digunakan dibagi menjadi dua golongan, namun hasilnya tidak berbeda. Tidak ada perbedaan hasil dari kelompok yang mengkonsumsi minuman cokelat dengan kandungan kaya antioksidan flavanol dengan kelompok yang mengkonsumsi minuman cikelat yang miskin kandungan flavanol.

Baca juga: Tentang Bahaya Kecanduan Pornografi Yang Harus Anda Ketahui

Apapun jenis minuman cokelat panas yang dikonsumsi, kaya kandungan flavanol atau tidak, ternyata sama-sama memberikan manfaat bagi kualitas daya ingat. Lancarnya aliran darah menuju otak nantinya akan sangat membantu menjaga dan mempertahankan kualitas daya ingat.

Jadi, demi mempertahankan kualitas daya ingat otak, sudahkah anda menikmati minuman cokelat panas hari ini?

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here