makanan pedas

Makanan Pedas Memang Penuh Cita Rasa Istimewa, Tapi Sebaiknya Tidak Berlebihan Dalam Mengkonsumsinya

Sebagian besar menu masakan nusantara memiliki aroma dan rasa yang khas penuh rempah dan cenderung pedas. Sehingga makan makanan pedas sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Bukan hanya menu makanan pokok sehari-hari yang memiliki rasa pedas. Belakangan ini snack atau camilan dengan rasa yang pedas semakin populer di masyarakat kita. Namun masih banyak yang belum menyadari dampak yang timbul akibat berlebihan makan makanan pedas.

Makanan pedas umumnya menggunakan cabai sebagai bahan untuk menciptakan rasa dan sensasi pedas pada makanan tersebut. Terkait penggunaan cabai, ada pakar kesehatan yang mengatakan bahwa ada beberapa dampak kesehatan jika seseorang mengkonsumsi makanan berbahan cabai secara berlebihan.

Memang tidak banyak dampak kesehatan yang ditimbulkan dari makanan pedas. Namun mengkonsumsinya secara berlebihan akan memberikan dampak kesehatan yang lumayan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Alergi Makanan Dan Cara Pencegahan Mandiri Untuk Hal Tersebut

Sakit Perut
Hal pertama yang dirasakan ketika berlebihan makan makanan pedas adalah sakit perut. Kondisi perut mulas dan terasa tidak nyaman adalah dampak pertama yang biasanya muncul. Dalam beberapa kasus, konsumsi makanan pedas yang berlebihan juga bisa memicu meningkatnya asam lambung. Asam lambung memiliki sifat korosif. Sehingga meningkatnya asam lambung berpotensi menimbulkan peradangan, iritasi, atau bahkan luka pada dinding lambung.

makanan pedas

Makan Makanan Pedas Memang Nikmat Tapi Pahami Potensi Gangguan Kesehatan Yang Bisa Ditimbulkan

Gangguan Pencernaan
Selain berpotensi menimbulkan iritasi pada lambung, berlebihan makan makanan pedas juga berpotensi menimbulkan iritasi pada usus. Hal ini dikarenakan adanya capcaisin, yaitu kandungan alami yang dimiliki oleh tumbuhan jenis cabai. Capcaisin bersifat iritasi bagi mamalia, termasuk manusia. Dan jika bersentuhan dengan kulit atau organ tubuh lainnya akan menghasilkan sensasi rasa terbakar.

Lidah Menjadi Kurang Peka
Bagi sebagian orang, jika makanan tidak pedas maka rasanya kurang nikmat. Namun jika secara rutin terus menerus berlebihan makan makanan pedas maka lidah akan mengalami penurunan kepekaannya. Sensitifitas rasa pada indera pengecap menjadi turun sehingga rasa makanan yang dimakan tidak dapat dirasakan atau dinikmati dengan maksimal. Turunnya kepekaan rasa pada lidah akan mendorong keinginan untuk menambah dosis bumbu masakan yang digunakan. Dalam jangka panjang hal ini bisa memicu masalah kesehatan lain seperti tekanan darah tinggi akibat dosis garam semakin banyak akibat kepekaan lidah yang berkurang.

Baca juga: Mengenal Penyakit Diabetes Dan Penyakit Akibat Gaya Hidup Lainnya

Bukan bermaksud menakut-nakuti, karena makan tanpa ada rasa pedas rasanya memang belum komplit. Tapi tidak ada salahnya memahami dampak yang ditimbulkan dari rasa pedas yang ditimbulkan oleh cabai. Sehingga kita bisa mengantisipasi potensi gangguan kesehatan yang bisa ditimbulkan dari mengkonsumsi makanan yang pedas dalam jumlah yang berlebihan.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here