menu olahan ayam

Jenis Ayam Yang Digunakan Harus Diperhatikan Ketika Membuat Menu Olahan Ayam

Daging ayam mudah sekali diolah menjadi makanan, dari mulai ayam goreng sampai dengan opor ayam. Selain harganya lebih murah dibandingkan harga daging sapi, menu olahan ayam juga relatif mudah dibuat. Maka tidaklah mengherankan jika hampir semua orang, baik anak maupun dewasa umumnya gemar atau paling tidak pernah makan olahan daging ayam.

Namun dibalik rasa enak makanan yang berasal dari olahan ayam itu terdapat beberapa hal yang perlu diwaspadai. Terutama jika ayam yang diolah adalah jenis ayam potong atau ayam boiler. Berbeda dengan ayam kampung yang biasanya sengaja dilepas bebas untuk mencari makan sendiri di kebun atau halaman. Ayam potong yang dipelihara secara intensif biasanya diberi makan yang terdiri dari campuran konsentrat yang terdapat bahan kimia didalamnya. Belum lagi perilaku beberapa peternak ayam potong yang tidak bertanggungjawab yang sengaja memberikan suntikan hormon kepada ayam. Dengan tujuan agar menjadi lebih gemuk ketika dewasa dan siap dijual untuk dikonsumsi.

Baca juga: Cara Memasak Yang Sehat Untuk Hidangan Keluarga Di Rumah

Campuran bahan kimia yang masuk kedalam ayam baik melalui campuran makanan maupun suntikan hormon akan mengendap dan akan ikut masuk kedalam tubuh manusia yang mengkonsumsi hasil olahan daging ayam tersebut. Berikut adalah beberapa risiko yang mungkin bisa terjadi apabila kita sering mengkonsumsi olahan daging ayam potong yang cara memeliharanya tidak tepat.

menu olahan ayam

Dibalik Lezatnya Menu Olahan Ayam Ternyata Ada Risiko Penyakit Yang Berbahaya

Mendorong Munculnya Zat Pemicu Kanker Dalam Tubuh
Banyaknya zat kimia yang masuk melalui makanan kedalam tubuh bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah memicu munculnya karsinogen, yaitu zat yang menjadi pemicu timbulnya kanker. Jika tumpukan karsinogen banyak terdapat di sekitar payudara maka dapat menyebabkan munculnya kanker payudara.

Tubuh Menjadi Kebal Terhadap Antibiotik
Residu dari zat kimia atau antibiotik yang disuntikkan ketubuh ayam tidak akan mudah hilang. Zat ini akan masuk kedalah tubuh orang yang mengkonsumsi daging ayam tersebut. Konsumsi daging ayam yang banyak mengandung sisa atau residu zat kimia dan antibiotik dalam jangka panjang akan berpengaruh pada tubuh manusia yang menjadi kebal terhadap antibiotik. Jika tubuh menjadi kebal terhadap antibiotik maka jika sakit akan lebih sulit sembuh.

Pubertas Dini Pada Anak Perempuan
Pemberian hormon tambahan agar ayam potong lebih cepat besar sehingga cepat dipanen adalah hal lumrah yang banyak dilakukan oleh peternak. Jika ayam dengan suntikan hormon tersebut sering dikonsumsi oleh anak perempuan, menurut pendapat beberapa pihak bisa menyebabkan masa pubertas yang terjadi lebih dini dari biasanya. Namun hal ini masih perlu kajian lebih lanjut.

Baca juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat Dengan Mudah

Harga daging ayam potong atau boiler memang lebih murah bila dibandingkan dengan ayam kampung. Tapi dibalik harga yang lebih murah tersebut tersimpan beberapa resiko bahaya terhadap kesehatan tubuh. Oleh karena itu ada baiknya kita lebih bijaksana dalam mengkonsumsi olahan ayam potong dan memperhatikan betul kualitas daging ayam potong yang hendak dikonsumsi.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here