sakit maag

Jangan Sepelekan Sakit Maag Dan Jangan Terlalu Lama Menjomblo

Siapa yang tidak kenal dengan sakit maag. Tentu hampir semua orang kenal dan pernah merasakan penyakit lambung ini. Meskipun tergolong penyakit yang ringan, namun gangguan maag akan sangat mengganggu kondisi tubuh dan pada akhirnya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Gangguan terhadap aktivitas bisa terjadi karena penyakit maag selain menimbulkan kondisi tidak nyaman pada perut. Biasanya juga disertai dengan rasa mual-mual, bahkan pada sebagian orang disertai rasa perih dibagian perut dan dada.

Secara umum, penyebab penyakit maag adalah adanya gangguan pencernaan. Namun jangan salah, ada beberapa pakar kesehatan yang menyebutkan bahwa status hubungan seseorang yang masih jomblo bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit ini.

Baca juga: Jangan Berlebihan Makan Makanan Pedas Jika Tidak Ingin Terkena Hal Ini

Pakar kesehatan dari klinik Psikologi Universitas Indonesia mengatakan bahwa mereka yang belum atau tidak kunjung menikah pada usia yang telah dewasa atau dengan kata lain masih jomblo ternyata memiliki kecenderungan mudah terserang sakit maag. Menurut pakar kesehatan tersebut, tingkat kepuasan hidup seseorang akan berubah menjadi lebih baik jika sudah memiliki pasangan. Kondisi ini berpengaruh pada menurunnya tingkat stres yang memiliki andil besar terhadap munculnya sakit maag.

sakit maag

Status Hubungan Seseorang Ternyata Bisa Menjadi Pemicu Sakit Maag

Lebih lanjut, oleh pakar kesehatan tersebut dijelaskan pula bahwa sudah terdapat banyak penelitian terkait hal ini. Yang mana menyebutkan bahwa orang yang belum menikah memiliki tingkat kepuasan hidup lebih rendah bila dibandingkan dengan orang yang telah menikah. Kondisi rendahnya tingkat kepuasan hidup ini membuat mereka yang masih jomblo mudah stres. Dan selanjutnya mudah terkena serangan sakit maag. Banyak keluhan yang berasal dari pasien dengan usia 20 tahunan yang mengalami sakit maag sebagai akibat dari stres. Bukan karena masalah jodoh, masalah akademis, dan juga masalah pekerjaan.

Sementara itu di lain tempat, pakar kesehatan yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia memiliki pendapat yang serupa bahwa stres memiliki peran besar terhdap timbulnya sakit maag. Pakar tersebut bahkan menambahkan bahwa hal ini tidak hanya berdampak pada mereka yang masih jomblo. Orang tua dari anak yang tidak kunjung menikah ketika sudah dewasa juga diketahui mengalami serangan sakit maag. Meskipun temuan kasus terkait kondisi ini terbilang jarang dan masih perlu dikaji lebih lanjut.

Baca juga: Mudah Lapar Apa Penyebabnya? Temukan Jawabannya Disini

Perhatikan jika anda termasuk kedalam usia dewasa yang belum memiliki pasangan dan sering menderita gangguan maag. Bisa jadi ada hubungannya antara status jomblo yang anda alami dengan serangan sakit maag yang sering datang. Mungkin juga ada baiknya untuk mulai mempertimbangkan status hubungannya agar tidak mudah terkena serangan penyakit yang membuat kondisi perut tidak nyaman ini.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here