manfaat teh hijau

Manfaat Teh Hijau dan Kopi Hijau Ternyata Sudah Dikenal Sejak Lama

Manfaat teh hijau dan kopi hijau bagi kesehatan ternyata sudah dikenal sejak dahulu kala. Kedua jenis minuman ini sejak dulu dianggap memiliki hubungan dalam hal menurunkan berat badan. Meskipun menurunkan dan mengendalikan berat badan adalah hal yang gampang-gampang sulit. Beberapa penemuan terkini terkait dengan ilmu atau pengetahuan tentang menurunkan berat badan ternyata bersumber dari teh hijau dan kopi hijau yang telah kita konsumsi sejak ribuan tahun yang lalu tersebut.

Teh Hijau
Telah dikenal luas sebagai anti oksidan dan minuman yang baik bagi kesehatan jantung, teh hijau telah dikonsumsi di China selama ribuan tahun. Selama ribuan tahun itu teh hijau dipercaya mampu meningkatkan kewaspadaan dan menambah daya tahan tubuh.
Belakangan, hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan yang terdapat dalam teh hijau ternyata sangat berguna bagi otot tubuh. Catechins, salah satu anti oksidan yang terkandung dalam teh hijau ternyata sangat bermanfaat bagi proses penurunan berat badan.
Rutin mengkonsumsi teh hijau sebanyak 690 mg per hari dan dikombinasikan dengan diet kalori terkontrol serta olahraga rutin, secara signifikan akan mampu menurunkan berat badan, BMI (Body Mass Index), lingkar pinggang, dan lemak tubuh.

Baca juga: Waktu Paling Ideal Untuk Memaksimalkan Manfaat Minum Air Putih

Sebenarnya tidak terlalu mengejutkan apabila hasil penelitian ilmiah menemukan bahwa teh hijau sangat berguna untuk membantu menurunkan berat badan. Dalam pengobatan tradisional China, kelebihan berat badan atau obesitas pada seseorang cenderung dianggap sebagai kelebihan kelembaban tubuh yang seringkali diikuti dengan kelebihan panas tubuh. Sebuah kombinasi yang tidak harmonis yang terjadi pada tubuh yang nantinya akan membawa penyakit seperti kembung, kecanduan gula, dan masalah pencernaan. Yang pada akhirnya akan mudah menimbulkan rasa lelah fisik dan mental.

manfaat teh hijau

Sudah Saatnya Anda Mencoba Dan Menikmati Manfaat Teh Hijau Dan Kopi Hijau

Manfaat teh hijau yang lain adalah bahwa minuman ini dianggap memiliki sifat keasaman dan mendinginkan tubuh. Sifatnya tersebut dianggap dapat menghilangkan kelembaban tubuh, mengurangi cairan yang menumpuk dan meningkatkan kemampuan proses pencernaan. Hal ini merupakan salah satu alasan masyarakat di China sering mengkonsumsi teh hijau ketika sedang makan makanan yang berlemak. Karena dianggap mampu untuk menghilangkan kelembaban tubuh yang diakibatkan oleh makanan. Di lain pihak, hasil penelitian di dunia Barat secara mengejutkan menyatakan bahwa teh hijau memiliki kemampuan untuk menyerap lemak.

Kopi Hijau
Seperti halnya teh, kopi juga merupakan minuman yang populer di dunia sejak lama. Dimulai pada sekitar abad ke-13 ketika ditemukan metode pengolahan kopi dengan cara dipanggang, orang lebih suka mengkonsumsi kopi dengan cara tersebut karena aroma yang dihasilkan lebih kaya bila dibandingkan dengan sebelumnya ketika kopi yang diolah tidak dipanggang terlebih dahulu atau disebut juga kopi hijau.

Dari sudut pandang pengobatan tradisional China, kopi hijau memiliki sifat keasaman dan mendinginkan tubuh yang serupa dengan teh hijau. Yang mana kemampuan tersebut membantu menghilangkan kelembaban dan panas tubuh. Sangat berbeda dengan kopi biasa yang telah dipanggang, karena kopi yang telah dipangang justru akan memanaskan tubuh bukan mendinginkan.

Baca juga: Ingin Menjaga Kualitas Daya Ingat? Konsumsilah Minuman Cokelat Panas

Faktor-faktor tersebut diatas bisa jadi memiliki peran terhadap kemampuan kopi hijau dalam membantu menurunkan berat badan. Namun satu hal yang pasti, terdapat komponen yang disebut Asam Klorogenik atau Chlorogenic Acids (CGA) yang terkandung didalam kopi hijau yang memiliki peran penting. Asam Klorogenik memiliki fungsi memperlambat penyerapan lemak dan glukosa, dan membantu menjaga kadar gula darah yang normal.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here