cara mengatur keuangan

Ada Banyak Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Mudah Dilakukan Bersama Pasangan

Kerjasama yang bagaimana yang dibutuhkan dalam mengatur keuangan rumah tangga bersama pasangan? Seperti sudah banyak diketahui, bahwa pernikahan akan memberikan perubahan pada situasi keuangan keluarga bagi pasangan suami-istri. Kondisi yang sangat berbeda dengan ketika mereka masih bujang. Situasi ini akan berdampak pada hampir semua aspek kehidupan pernikahan mereka, terutama pada cara mengatur keuangan rumah tangga. Hutang atau tagihan kartu kredit pribadi bisa menjadi pemicu permasalahan dalam hubungan rumah tangga.

Mengantisipasi permasalahan terkait uang dan mengelola keuangan rumah tangga memang penuh tantangan, namun tidaklah sulit jika dilakukan bersama pasangan. Dengan perencanaan keuangan yang baik pasangan suami-istri akan mampu membentuk sebuah pondasi keuangan keluarga yang kokoh.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga atau keluarga dan aspek yang umumnya menjadi pertimbangan dalam merencanakan dan mengelola keuangan keluarga.

Rekening Bank
Hambatan pertama dalam mengatur keuangan keluarga adalah rekening bank. Apakah masing-masing memiliki rekening bank sendiri-sendiri atau membuka rekening bersama untuk semuanya. Langkah terbaik terkait hal ini adalah mengkombinasikan keduanya. Selain masing-masing memiliki rekening bank pribadi, gunakan juga rekening bank bersama untuk menyelesaikan tagihan rumah tangga, seperti tagihan listrik, air, belanja bulanan, dan sejenisnya. Hal ini akan mempermudah memonitor dan mengendalikan arus kas dalam rumah tangga.

Baca juga: Cara Mengenalkan Uang Pada Anak Usia Dini Yang Perlu Diketahui

Menyusun Anggaran
Menyusun anggaran belanja rumah tangga bukan hanya penting, tetapi harus ada keseriusan dalam menyusunnya. Ini adalah salah satu aspek penting terkait cara mengatur keuangan rumah tangga agar optimal. Masing-masing individu akan membawa aspek keuangan pribadi kedalam ranah keuangan rumah tangga, baik berupa aset, pemasukan, pengeluaran, dan juga hutang. Rencana dan anggaran ketika masih lajang tentu sudah tidak relevan lagi ketika sudah menikah dengan pasangan. Bicarakan bersama prioritas yang harus diutamakan, berapa banyak yang harus ditabung, dan sebagainya.

mengatur keuangan rumah tangga

Jika Dilakukan Bersama Maka Mengatur Keuangan Rumah Tangga Tidaklah Rumit

Bersiap Untuk Yang Tidak Terduga
Dengan menikah, tentunya setiap pasangan harus juga memikirkan hal-hal yang tidak terduga. Suami harus mulai berpikir bagaimana menafkahi istri (dan anak) jika terjadi sesuatu terhadap dirinya yang memaksa untuk tidak bisa bekerja lagi, dan sebaliknya. Rancang program asuransi yang diambil sebaik mungkin agar memberikan manfaat yang besar bagi keluarga jika nanti terjadi sesuatu yang tidak terduga.

Perencanaan Pensiun
Setelah semua anggaran keuangan rumah tangga ditata, direncanakan, dan dijalankan dengan baik, selanjutnya pasangan suami istri juga perlu memikirkan tentang rencana pensiun mereka. Masa pensiun adalah masa seharusnya seseorang tidak bekerja lagi dan menikmati hasil kerja keras mereka yang telah dikumpulkan sejak lama. Jadi merencanakan masa pensiun dengan baik akan menghindarkan pasangan suami-istri dari kesulitan keuangan di masa pensiun nanti.

Membicarakan Bersama Pasangan
Hal ini adalah bagian terpenting dalam mengelola keuangan keluarga dalam rumah tangga. Banyak pasangan suami-istri yang sulit untuk berkomunikasi secara terbuka tentang keuangan terhadap pasangannya. Padahal komunikasi yang lancar dan terbuka merupakan aspek terpenting agar mampu membuat rencana keuangan rumah tangga yang baik. Hal-hal kecil bisa menjadi besar jika tidak terjadi komunikasi yang baik diantara pasangan suami-istri, terutama pada masalah keuangan. Komunikasi yang baik juga akan membantu mengarahkan pasangan suami-istri untuk mengambil peran mereka dengan tepat dalam menata keuangan rumah tangga.

Baca juga: Cara Hidup Hemat Yang Gagal, Pernah Mengalaminya?

Jika dilihat sekilas memang terkesan rumit namun jika dilakukan berdua bersama pasangan, saling terbuka dan saling bertanggungjawab maka tantangan-tantangan tersebut akan bisa dilelui dengan mudah dan keuangan keluarga anda akan tertata dengan baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here