manfaat minum air putih

Ada Banyak Manfaat Minum Air Putih Jika Meminumnya Dalam Jumlah Yang Cukup

Banyak diantara kita yang sudah paham akan manfaat minum air putih. Namun banyak juga yang belum tahu cara memaksimalkan manfaatnya. Memang, minum air putih bukannya tidak boleh sembarangan, tapi ada saat atau waktu yang dianggap paling tepat untuk minum air putih. Memang, hampir semua orang mengetahui bahwa minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari sesuai dengan kebutuhan tubuh akan menjadikan tubuh lebih sehat dan terhindar dari dehidrasi. Tapi ternyata tidak banyak yang mengetahui jika ternyata ada waktu-waktu yang tepat untuk minum air putih jika anda ingin memaksimalkan khasiat dan kebaikan air putih tersebut.

Lantas, waktu atau saat yang bagaimana yang dianggap paling tepat untuk minum agar dapat memaksimalkan manfaat minum air putih?

Ketika Bangun Tidur
Minum segelas air putih segar ketika bangun tidur di pagi hari sebagai pemberitahuan kepada tubuh kita bahwa sudah saatnya untuk bangun dan memulai aktivitas. Aktivitas ini dapat digambarkan seperti semacam arus air sungai yang lembut mendorong ranting dan bebatuan. Sistem sirkulasi tubuh membutuhkan cairan untuk mendorong radikal bebas dan residu dari kalori yang terbakar selama metabolisme di malam hari.

Bagi sebagian orang, meminum air putih sesaat setelah bangun tidur di pagi hari akan merangsang tubuh untuk segera buang air besar. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa metabolisme tubuh sedang berjalan dengan baik.

Sebelum Makan
Banyak pakar yang mengatakan bahwa minum air putih menjelang makan membantu anda merasa lebih kenyang. Sehingga anda akan makan dengan wajar tidak seperti orang kelaparan yang kalap. Air yang masuk terlebih dahulu akan membantu perut untuk siap menerima makanan yang akan masuk. Disaat bersamaan membersihkan rongga mulut yang kering dan menghilangkan sisa-sisa rasa dari makanan sebelumnya. Air yang masuk itu selanjutnya akan membangkitkan indera pengecap yang ada di lidah. Dan yang terakhir akan melembabkan usus sehingga makanan yang keras atau asam tidak akan terlalu mengganggu perut.

Baca juga: Tubuh Anda Mudah Lelah? Mungkin Ini Penyebabnya

Saat Makan Camilan
Kadangkala anda merasa lapar diantara waktu makan. Akan lebih baik jika dicoba untuk minum air putih untuk mengetahui apakah anda benar-benar dalam kondisi lapar. Atau hanya karena tubuh kurang cairan atau sedang mengalami dehidrasi.
Beberapa orang beranggapan mereka lapar, padahal hanya sekedar haus. Minum air putih sebelum makan camilan atau pada saat makan camilan akan membantu anda merasa lebih cepat kenyang. Hal ini juga akan mendorong anda untuk makan lebih sedikit.

manfaat minum air putih

Megetahui Saat Paling Tepat Untuk Minum Akan Memaksimalkan Manfaat Minum Air Putih

Sebelum Olahraga
Sebelum cairan tubuh terkuras menjadi keringat, sangat dianjurkan untuk menambah cairan dulu dengan cara minum air putih. Manfaat minum air putih segelas atau beberapa gelas sebelum berolahraga untuk mencegah dehidrasi. Hal ini juga tergantung pada kondisi suhu dan kelembaban udara serta tingkat cairan dalam tubuh. Berolahraga ringan atau berat, asupan air sangat penting untuk mencegah serangan panas di cuaca yang terik. Hal ini karena sirkulasi dalam tubuh memiliki peran sebagai pelindung.

Setelah Berolahraga
Setelah selesai berolahraga dan berkeringat banyak, sebaiknya anda segera minum air putih. Gunanya adalah untuk menggantikan cairan yang hilang melalui keringat dari aktivitas fisik tersebut. Namun sebaiknya jangan minum terlalu banyak cepat-cepat, hal ini dapat memicu timbulnya kram perut. Minumlah air putih secukupnya sesuai perkiraan anda sehingga anda tidak mengalami dehidrasi.

Ketika Lelah
Merasa tubuh anda lelah? Ingin istirahat atau tidur sejenak namun tidak bisa? Ada baiknya untuk minum segelas air putih. Air memiliki kemampuan untuk meresap dengan cepat kedalam tubuh. Dengan kemampuannya itu air akan cepat mencapai otak. Selanjutnya akan menstimulasi otak untuk segera aktif berkonsentrasi melakukan aktivitas yang sedang atau akan anda lakukan.

Baca juga: Jangan Berlebihan Makan Makanan Pedas Jika Tidak Ingin Terkena Hal Ini

Mungkin diantara anda tanpa sadar sudah melakukan hal-hal tersebut, dan merasakan manfaat minum air putih di waktu yang tepat. Jika sudah, pertahankanlah tapi jika belum maka ada baiknya dicoba. Karena pada dasarnya kesehatan adalah harta nomor satu bagi kita semua. Dan minum air putih yang cukup dan di waktu yang tepat adalah salah satu cara termurah dan termudah untuk menjaga kesehatan.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here