cerita dongeng anak

Membacakan Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur Memiliki Dampak Positif Dalam Tahap Perkembangan Anak

Membacakan cerita dongeng anak saat menjelang tidur malam adalah aktivitas orang tua yang menyenangkan dan sudah ada sejak lama. Kebahagiaan akan tercipta ketika si kecil sudah dengan baju tidurnya membuka buku cerita bersama-sama dengan ayah atau ibu. Ikatan akan semakin kuat ketika orang tua dan anak saling tersenyum sambil mengikuti jalan cerita. Tidak dapat disangkal bahwa aktivitas membacakan buku cerita atau dongeng anak menjelang tidur memiliki pengaruh besar. Terutama terhadap terbentuknya ikatan yang kuat antara orang tua dan anak.

Membacakan buku cerita dongeng kepada anak dengan suara yang jelas dan tegas dapat menstimulasi fungsi-fungsi bahasa yang ada di otak anak. Mendorong tumbuhnya imajinasi anak, dan membantu mereka memahami lebih banyak hal yang ada di sekitarnya. Hal ini juga mempererat hubungan dan ikatan antara anak dengan orang tua di usia-usia awal anak. Yang mana nantinya akan berperan penting dalam perkembangan kemampuan sosial dan emosional anak. Dan selanjutnya akan membantu mereka ketika berkembang sesuai dengan bertambahnya usia.

Baca juga: Yang Sering Terlewatkan Ketika Membacakan Buku Cerita Dongeng Menjelang Tidur

Memiliki anak kecil pasti menjadikan hidup anda lebih berwarna dan juga lebih sibuk. Apalagi dengan menambah jadwal membacakan cerita menjelang tidur tentu akan semakin menyita waktu. Tapi jangan salah, hasil dari aktivitas ini sangatlah berharga dan sepadan dengan pengorbanan waktu yang anda berikan. Jadi jangan putus asa ketika terlewat satu atau dua kali. Masih ada besok dan hari selanjutnya untuk melanjutkan membacakan buku cerita atau dongeng untuk mereka sebelum tidur.

cerita dongeng anak

Membacakan Cerita Dongeng Anak Bisa Merangsang Minat Baca Anak

Membacakan buku cerita dongeng anak menjelang tidur terbukti memiliki peran penting terhadap perkembangan emosional anak. Maka sebaiknya anda menjadikan hal ini sebagai rutinitas yang perlu dilakukan. Jadikan acara membaca buku cerita sebelum tidur adalah kegiatan yang dinantikan oleh anak-anak setiap hari. Seperti halnya aktivitas memakai piyama dan menggosok gigi sebelum tidur.

Hubungkan isi cerita dengan kehidupan sehari-hari dan berdiskusilah tentang pendapat mereka terhadap cerita tersebut. Secara tidak langsung aktivitas ini juga mendorong anak untuk berani dan terlatih untuk mengeluarkan pendapat.

Salah satu keuntungan dari kegiatan membaca buku cerita dongeng anak sebelum tidur adalah menimbulkan dan meningkatkan kesukaan atau hobi mereka untuk membaca. Bila tiba saatnya anak-anak sudah bisa membaca sendiri, sebaiknya anda tetap menyediakan waktu untuk membacakan buku cerita kepada mereka dan mendorong mereka untuk lebih banyak mengeksplorasi buku yang anda baca meskipun hal itu sedikit mendorong mereka keluar dari zona nyaman.

Baca juga: Cara Bijak Mendorong Anak Belajar Berbagi Sejak Usia Dini

Bicarakan dengan anak-anak tentang buku yang telah anda baca dan tanyakan kepada mereka buku apa saja yang telah mereka baca. Hal ini akan sangat membantu anak-anak untuk suka membaca buku dan menganggap membaca buku adalah kebiasaan sehari-hari, bukan sekedar tugas dari sekolah.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here