dampak stres pada wanita

Masih Banyak Yang Belum Memahami Seberapa Besar Dampak Stres Pada Wanita

Dampak stres pada wanita terlihat lebih parah meskipun kondisi stres bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang jenis kelamin. Masih banyak yang belum menyadari bahwa selain berdampak pada kesehatan mental, stres menimbulkan dampak pada kondisi fisik tubuh yang tidak kalah jelek, terutama stres pada wanita.

Reaksi wanita terhadap situasi tegang berbeda dengan yang terjadi pada pria, hal ini disebabkan oleh kondisi kimiawi tubuh yang berbeda antara pria dan wanita serta kondisi struktur otak yang berbeda. Pria memiliki kecenderungan untuk melawan atau menghindar dari stres, sedangkan wanita memiliki kecenderungan untuk lebih berkompromi dengan stres yang dihadapinya. Perbedaan perilaku tersebut menjadikan wanita sangat rentan mengalami gangguan-gangguan fisik ketika sedang atau mengalami stres.

Berikut ini adalah dampak stres pada wanita berupa gangguan kesehatan dan perilaku yang bisa dikenali dengan mudah.

Gangguan Pola Makan
Gangguan pola makan yang umumnya timbul sebagai akibat dari stres adalah anorexia dan bulimia. Gangguan ini ditemukan pada wanita lebih banyak sepuluh kali dibandingkan dengan pria, hal ini bisa dikaitkan dengan tingkatan stres yang dialami.

Baca juga: Tubuh Anda Mudah Lelah? Mungkin Ini Penyebabnya

Gangguan Pada Perut Dan Kulit
Stres pada wanita dan juga pria bisa mendorong seseorang untuk makan makanan yang tidak sehat seperti junk food, dan sebaliknya bisa juga mendorong timbulnya rasa tidak ingin makan sesuatu. Gangguan-gangguan perut akibat kondisi ini bervariasi dari mulai kram perut sampai dengan sindrom iritasi usus, tergantung tingkat stres yang dialami. Pada sebagian orang, stres bisa mengakibatkan munculnya ruam dan gatal-gatal pada kulit.

stres pada wanita

Gangguan Emosi
Dampak stres pada wanita yang lainnya adalah munculnya gangguan emosi. Dari merasa sedih sampai dengan gangguan serius seperti depresi bisa muncul ketika anda mengalami kondisi tertekan. Wanita lebih bisa menyembunyikan beberapa perasaan seperti marah dan agresif karena bagian otak yang terkait dengan fungsi ini memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan yang dimiliki oleh pria, namun risiko mengalami depresi mencapai dua kali lipat bila dibandingkan dengan pria.

Gangguan Konsentrasi Dan Sulit Tidur
Stres menyebabkan orang menjadi sulit fokus dan berkonsentrasi sehingga mengganggu pekerjaan dan tanggungjawab baik di rumah atau di kantor. Banyak wanita yang mengalami sulit tidur malam ketika sedang stres. Padahal istirahat malam yang cukup adalah salah satu cara untuk menghilangkan atau mengurangi stres.

Menurunnya Imunitas
Salah satu hal yang dampaknya sangat tidak baik bagi tubuh ketika dilanda stres adalah menurunnya daya tahan tubuh atau imunitas terhadap penyakit, dari sekedar daya tahan terhadap flu biasa sampai dengan penyakit yang lebih kronis.

Gangguan Jantung Dan Kanker
Tingkat stres dari tingginya tuntutan pekerjaan dan tanggungjawab bagi wanita meningkatkan risiko serangan jantung. Stres pada wanita memiliki dampak negatif pada kerja jantung secara keseluruhan yang mengarah pada meningkatnya tekanan darah dan penyakit jantung.

Baca juga: Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Kesehatan Dan Ketenangan Jiwa

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ada hubungan antara stres dengan pertumbuhan kanker ovarium dan kanker payudara. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa risiko kanker payudara meningkat lebih dari 60% bagi wanita yang mengalami lebih dari satu kejadian dengan tingkat stres tinggi, seperti bercerai atau ditinggal mati oleh pasangannya.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here