menghilangkan mabuk perjalanan

Mengetahui Cara Menghilangkan Mabuk Perjalanan Sangat Berguna Bagi Anda Yang Sering Bepergian Jarak jauh

Mual akibat mabuk perjalanan adalah momok bagi sebagian orang, terutama mereka yang tidak terbiasa melakukan perjalanan jauh. Cara menghilangkan mabuk perjalanan dan mual yang disebabkannya bisa dengan mengkonsumsi obat anti mabuk. Namun banyak yang lebih memilih obat alami dibandingkan mengkonsumsi obat anti mabuk untuk mengatasi mabuk perjalanan.

Sebenarnya ada atau tidak cara alami untuk mengatasi mabuk perjalanan?
Ada banyak cara alami yang sudah umum dipraktekkan oleh masyarakat guna mengantisipasi mabuk perjalanan, meskipun dari sudut pandang keilmuan masih perlu dibahas lebih mendalam lagi apakah cara-cara tersebut memang manjur dan bisa dibuktikan secara ilmiah.

Salah satu cara populer dilakukan untuk menanggulangi atau menghilangkan mabuk perjalanan adalah dengan melakukan pijatan atau acupressure. Lakukan pemijatan pergelangan tangan pada jarak sekitar tiga jari dari lipatan pergelangan tangan diantara dua urat tendon selama sekitar lima detik. Langkah ini bagi sebagian orang dinilai mampu untuk meringankan mual yang timbul ketika mabuk perjalanan.

Baca juga: Manfaat Teh Hijau dan Kopi Hijau Yang Baik Bagi Kesehatan

Jika anda merasa kerepotan untuk menekan titik ini, anda dapat membeli gelang kesehatan yang sudah didesain untuk melakukan hal ini. Meski bagi sebagian orang cara ini dianggap berhasil namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut karena tidak sedikit juga yang menganggap cara ini sia-sia belaka.

menghilangkan mabuk perjalanan

Sebaiknya Pilih Cara Alami Untuk Menghilangkan Mabuk Perjalanan Anda

Cara atau obat alami lain untuk menghilangkan mabuk perjalanan adalah dengan mengkonsumsi jahe. Anda dapat langsung mengunyah atau menghisap jahe mentah, jika anda suka dan terbiasa. Atau dengan mengkonsumsi permen jahe atau teh jahe. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa belum ada hasil yang konsisten apakah jahe mampu berperan banyak dalam menanggulangi rasa mual yang timbul ketika mabuk perjalanan. Cara ini cukup aman namun anda harus berhati-hati karena jahe bisa menghambat pembekuan darah.

Selain dua cara yang sudah disebut diatas, anda bisa mencoba untuk mengatur pernafasan. Coba untuk bernafas dengan ritme yang perlahan. Tarik nafas panjang sampai rasa mual berangsur-angsur hilang. Bernafas dengan pendek dan cepat justru akan membuat rasa mual menjadi lebih parah. Jika ada tempat, anda bisa mencoba duduk dibagian depan kendaraan yang anda tumpangi dan letakkan pandangan mata pada garis horizon. Karena secara umum, memandang jauh ke horizon akan membuat orang lebih stabil apabila dibandingkan dengan melihat pada obyek yang lebih dekat.

Baca juga: Alergi Makanan Dan Cara Pencegahan Mandiri Untuk Hal Tersebut

Nah, jika beberapa cara alami tersebut masih belum manjur juga. Anda dapat menutup mata dan tidur selama perjalanan hingga sampai di tempat tujuan. Semakin sering anda melakukan perjalanan biasanya anda akan semakin terbiasa dan semakin kuat menghadapi mabuk perjalanan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here