menjaga kesehatan otak

Banyak Aktivitas Ringan Sehari-hari Yang Bisa Dilakukan Untuk menjaga Kebugaran Otak

Menjaga tubuh agar selalu bugar adalah sebuah kebutuhan agar kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. Namun selain tubuh, ternyata otak juga perlu dijaga kebugaran dan kesehatannya. Tapi mengapa kita perlu menjaga kebugaran otak? Dan bagaimana caranya?

Otak merupakan salah satu organ penting karena pusat komando tubuh ada di organ tersebut. Tidak hanya urusan fisik, kendali emosi pun diatur oleh otak. Melakukan aktivitas fisik sederhana hingga pemecahan masalah yang rumit, semuanya membutuhkan kerja organ pusat pikiran tersebut. Gejala penurunan fungsi kerja otak biasanya ditandai dengan susah untuk fokus sehingga, konsentrasi kerja mudah terganggu. Mudah lupa dan sulit mengingat nama seseorang juga merupakan petunjuk adanya penurunan kinerjanya. Namun semua itu bisa dicegah dan diatasi dengan latihan memori atau latihan fungsi otak.

Banyak para ahli yang menyatakan bahwa penting bagi seseorang untuk secara rutin melatih kemampuan berpikir. Keuntungan dari menjaga kebugaran otak bukan hanya baik bagi organ pikiran itu tetapi juga baik bagi tubuh secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa aktivitas mudah yang dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan otak agar selalu optimal.

Tidur Yang Cukup
Selain penting bagi kebugaran tubuh, tidur juga memiliki peran penting dalam pembentukan memori. Otak menggunakan tidur untuk memproses dan memahami aktivitas yang Anda lakukan sepanjang hari, konsolidasi ingatan, dan menciptakan ide-ide baru yang kreatif.

Baca juga: Tahukah Anda Bahwa Susah Tidur Termasuk Sebuah Penyakit?

Makan Sehat Dan Benar
Selain berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, ternyata makan makanan sehat dengan benar juga bisa menjaga kebugaran otak. Buah dan sayuran terbukti mengandung antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel-sel otak. Perlu diketahui bahwa Omega-3 adalah asam lemak penting untuk otak.

menjaga kebugaran otak

Menjaga Kebugaran Otak Perlu Dilakukan Seperti Halnya Menjaga Kebugaran Tubuh

Olahraga Secara Teratur
Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan otak. Aktivitas olahraga yang dilakukan akan menyeimbangkan zat kimia otak dan sirkulasi darah lebih efisien. Latihan fisik dapat merangsang produksi sel-sel otak baru.

Banyak Bergaul Atau Bersosialisasi Di Dunia Nyata
Ini adalah hal yang penting tapi mulai banyak ditinggalkan seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Agar otak anda tidak cepat loyo, mulailah bergaul atau melakukan interaksi sosial dalam bentuk fisik, bukan melalui media jejaring sosial secara online. Ajak teman atau saudara untuk berkumpul, bermain atau piknik bersama-sama karena manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang mana artinya otak menyukai terjadinya kontak sosial. Hal ini juga bisa mencegah pikun atau hilangnya memori.

Latihan Memori
Melakukan permainan yang membutuhkan tantangan kecerdasan merupakan latihan terbaik bagi otak, misalnya main game atau mengisi teka-teki silang. Sebuah permainan yang melatih otak bahkan dapat membantu meningkatkan kemauan dan motivasi diri yang berguna dalam segala aspek kehidupan Anda.

Baca juga: Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Kesehatan Dan Ketenangan Jiwa

Nah, ternyata untuk menjaga kebugaran dan kesehatan otak tidak sesulit yang dibayangkan sebelumnya. Maka dari itu mari kita menjaga kebugaran otak yang kita miliki agar tidak cepat tua dan loyo sebelum waktunya.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here