manfaat hewan peliharaan

Banyak Sekali Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Kesehatan Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Memiliki hewan peliharaan dirumah sangat bermanfaat, kira-kira apa saja manfaat hewan peliharaan yang perlu kita ketahui? Memiliki hewan peliharaan dan meluangkan waktu bersama mereka, entah itu anjing, kucing, burung, atau bahkan ikan hias, ternyata bisa membuat hidup lebih sehat dan lebih bahagia. Sebagian orang mungkin akan bilang jika punya binatang peliharaan akan merepotkan. Dalam beberapa hal mungkin benar, namun banyak keuntungan lain terutama bagi kesehatan jiwa yang bisa diperoleh.

Banyak aspek dalam tubuh dan pikiran yang mendapatkan stimulasi positif yang berasal dari aktivitas dan interaksi dengan hewan peliharaan. Berikut adalah beberapa manfaat hewan peliharaan bagi kesehatan yang mungkin akan membuat anda semakin sayang dengan hewan peliharaan yang ada di rumah.

Suasana Hati (Mood)
Bercengkrama selama sekitar 30 menit dengan anjing peliharaan dapat memicu tubuh untuk melepaskan zat-zat kimia dalam otak yang berhubungan dengan rasa senang atau bahagia. Di sisi lain, anjing yang diajak bermain juga akan merasakan rasa senang yang sama.
Terapi dengan menggunakan kucing peliharaan juga membantu mengurangi rasa muram dan sedih. Pemilik kucing peliharaan secara umum lebih tidak merasa kesepian dan memiliki semangat yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. Kondisi tersebut dikarenakan bermain dan bercengkrama dengan hewan peliharaan dapat memicu pelepasan hormon oxytocin, yaitu hormon cinta dalam tubuh.

Tingkat Stress
Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan juga berdampak pada menurunnya kadar hormon cortisol, yaitu hormon pembawa stress. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa dalam banyak kasus orang dengan tingkat keletihan tinggi akan merasa lebih rileks ketika bersama dengan hewan peliharaannya dibandingkan bersama dengan pasangannya.

Baca juga: Dampak Stres Pada Wanita Biasanya Jauh Lebih Parah

Dalam beberapa temuan, orang yang membawa anjing atau kucing peliharaannya ke tempat kerja memiliki tingkat stress yang lebih rendah sepanjang hari. Beberapa pakar mengatakan bahwa menurunkan tingkat stress adalah manfaat hewan peliharaan bagi kesehatan yang utama.

manfaat hewan peliharaan

Manfaat Hewan Peliharaan Sebagai Penangkal Stres Telah Banyak Terbukti Di Masyarakat

Kesehatan Jantung
Melihat ikan yang berenang di kolam atau akuarium, mendengarkan suara kicau burung peliharaan, bercengkrama dengan kucing di rumah, atau bahkan jalan-jalan santai bersama anjing kesayangan secara umum akan menurunkan irama jantung dan menurunkan tekanan darah. Kondisi ini tentu sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh.
Memiliki si Meong atau Gukguk di rumah ternyata menjadikan kita lebih jarang mengunjungi dokter karena gangguan kesehatan.

Demikian beberapa manfaat hewan peliharaan bagi kesehatan. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan bersama dengan hewan peliharaan ternyata memiliki pengaruh positif bagi kondisi kesehatan tubuh dan pikiran.

Namun anda sebaiknya juga berpikir lebih ketika akan memelihara hewan peliharaan di rumah. Pikirkan tentang biaya perawatan dan makan untuk hewan itu, karena jika sembarangan justru nanti akan menjadi beban dan mendatangkan penyakit. Perhatikan juga lahan di rumah apakah sudah memadai untuk hewan yang kita pelihara. Pikirkan juga dengan kondisi tubuh anda apakah alergi dengan hewan tertentu atau tidak.

Baca juga: Sering Sakit Maag? Bisa Jadi Karena Anda Jomblo

Jika anda sudah memikirkan semua dan merasa mampu untuk memelihara dengan baik. Sudah waktunya anda memiliki satu atau dua binatang peliharaan dan merasakan manfaat hewan peliharaan bagi kesehatan dan ketenangan jiwa anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here