cara menurunkan kolesterol

Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat Sebenarnya Mudah Untuk Dilakukan

Ada banyak cara menurunkan kolesterol. Beberapa diantaranya tidak membutuhkan obat dan mudah untuk dilakukan namun sayang banyak yang mengabaikan. Seperti sudah kita ketahui bersama, kolesterol adalah faktor risiko utama dari penyakit jantung koroner. Jadi mengendalikannya menjadi keharusan karena tidak ada yang lebih menentukan terkait dengan risiko seseorang terkena serangan jantung selain kolesterol. Paling tidak demikian menurut banyak ahli.

Kadar kolesterol yang melimpah dalam aliran darah cenderung akan mengendap dalam dinding pembuluh darah koroner. Selanjutnya bersama dengan jaringan Fibrous akan membentuk plak endapan yang mengakibatkan penebalan dan penyempitan dinding pembuluh darah. Yang mana nantinya akan menjadikan jantung bekerja semakin keras dan berisiko munculnya serangan jantung.

Selain rutin mengunjungi dan memeriksakan diri ke dokter secara teratur, jika sudah ada gejala-gejala gangguan kesehatan akibat kolesterol, berikut ini adalah beberapa cara menurunkan kolesterol yang dapat dengan mudah anda lakukan.

Batasi Lemak Jenuh
Lemak jenuh biasanya mengacu pada lemak hewani yang terutama didapatkan pada kulit unggas, produk susu, daging merah dari sapi, domba, dan babi. Sebaiknya konsumsi lemak jenuh dibatasi, karena dapat memacu produksi kolesterol dan meningkatkan total kolesterol dan kolesterol jahat (LDL). Memilih diet yang mengandung lemak jenuh rendah merupakan salah satu langkah yang bijak untuk memperbaiki kadar kolesterol Anda.

Baca juga: Manfaat Teh Hijau dan Kopi Hijau Yang Baik Bagi Kesehatan

Hindari Lemak Trans
Lemak trans adalah lemak yang terbentuk dari lemak cair dibuat menjadi lemak padat dengan penambahan atom hidrogen pada molekulnya. Lemak trans berpotensi lebih berbahaya daripada lemak jenuh karena dapat meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL) dan menurunkan kolesterol baik (HDL). Karena itu mengurangi makanan yang banyak mengandung lemak trans seperti gorengan merupakan langkah baik untuk menekan dan mengendalikan kolesterol.

cara menurunkan kolesterol

Menurut Anda, Cara Menurunkan Kolesterol Mana Yang Paling Mudah Dilakukan?

Pertahankan Berat Badan Normal
Pada kebanyakan orang, kadar kolesterol akan menjadi lebih baik seiring dengan menurunnya berat badan. Selain disebabkan oleh berkurangnya berat badan, juga sebagai akibat diet yang lebih sehat, serta olahraga yang dilakukan.

Olahraga Teratur
Olahraga yang cukup dan teratur sekitar 30 menit setiap hari adalah pilihan yang baik untuk memperoleh kadar kolesterol yang normal. Apakah Anda gemuk atau langsing, olahraga dapat menurunkan kadarnya. Olahraga moderat yang Anda lakukan secara teratur dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesetrol buruk (LDL).

Berhenti Merokok
Kebiasaan merokok dapat mengakibatkan penurunan kadar kolesterol baik (HDL). Berhenti merokok saja dapat menaikan kolesterol baik (HDL) hingga 10 persen. Selanjutnya, setelah 20 menit berhenti merokok, tekanan darah akan turun. Dan dalam waktu 24 jam risiko mengalami serangan jantung akan menurun. Setelah 1 tahun risikonya menjadi hanya tinggal setengah jika dibandingkan dengan perokok aktif.

Baca juga: Mengenal Penyakit Diabetes Melitus Dan Penyakit Akibat Gaya Hidup Lainnya

Beberapa cara menurunkan kolesterol tersebut diatas adalah cara-cara mudah yang tidak membutuhkan obat-obatan. Cara alami tersebut sudah seharusnya menjadi gaya hidup agar tubuh terhindar dari penyakit sebagai dampak tingginya kadar kolesterol dalam darah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here