mudah lapar apa penyebabnya

Sebenarnya, Mudah Lapar Apa Penyebabnya? Apa Termasuk Penyakit?

Menjadi lapar adalah hal yang alami, tapi kondisi yang mudah lapar adalah hal lain yang perlu diwaspadai. Karena bisa jadi itu adalah gejala penyakit atau terdapat kondisi tertentu yang menjadi penyebabnya. Tubuh membutuhkan asupan energi untuk melakukan aktivitas, jika energi dalam tubuh mulai menipis maka sinyal alami akan segera muncul berupa rasa lapar.

Rasa perut keroncongan tidak boleh dibiarkan karena akan mengganggu aktivitas. Namun rasa lapar yang tidak normal, yang mudah atau cepat sekali terjadi patut diwaspadai. Karena itu adalah sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh.

Rasa lapar yang normal adalah rasa lapar yang tidak sering timbul, yang muncul sesuai dengan jam makan seharusnya. Setelah sarapan pagi, rasa lapar normal selanjutnya akan muncul pada saat siang hari dan sore hari dengan interval sekitar 5-6 jam.

Jika bukan karena penyakit, kondisi mudah merasa lapar itu biasanya disebabkan oleh aktivitas yang kurang tepat yang telah anda lakukan sebelumnya. Dan jika anda memiliki pertanyaan mudah lapar apa penyebabnya, maka berikut adalah beberapa aktivitas dan kondisi yang sering menjadi penyebab mudah merasa lapar.

Kurang Tidur
Kurang tidur atau jumlah jam tidur yang tidak memadai dapat mengakibatkan seseorang menjadi mudah merasa lapar. Kondisi kurang tidur akan meningkatkan meningkatnya produksi hormon ghrelin atau hormon rasa lapar, terutama di pagi hari.

Baca juga: Tahukah Anda Bahwa Susah Tidur Termasuk Sebuah Penyakit?

Menu Sarapan Tidak Tepat
Sarapan dengan menu yang kurang tepat akan menjadikan orang tersebut mudah lapar dan berpengaruh terhadap pola makan selanjutnya. Menu sarapan yang paling bagus adalah yang banyak mengandung protein. Semakin banyak kandungan protein maka perut akan merasa kenyang lebih lama bila dibandingkan dengan mereka yang sarapan dengan kandungan protein lebih sedikit.

mudah-lapar

Selain Faktor Internal Tubuh, Mudah Lapar Juga Bisa Disebabkan Oleh Rangsangan Eksternal

Makan Tergesa-gesa
Makan secara tergesa-gesa justru akan mengakibatkan mudah kembali menjadi lapar. Mengunyah makanan lebih lama menjadikan makanan yang masuk menjadi lebih lembut dan akan terserap lebih sempurna oleh tubuh. Kondisi tersebut akan memberikan cukup waktu bagi hormon leptin untuk mengirimkan sinyal kenyang kepada tubuh.

Mengunyah Permen Karet
Mengunyah permen karet terlalu lama bisa mengakibatkan munculnya rasa lapar. Rasa permen karet yang sudah tidak manis lagi dan bersamaan dengan tertelannya air liur menyebabkan rasa lapar menjadi timbul. Hal ini sering tidak disadari sehingga muncul pertanyan mudah lapar apa penyebabnya.

Berpikir Dan Bekerja Keras
Berpikir lebih keras dan bekerja lebih berat membutuhkan energi dan tenaga lebih banyak apabila dibandingkan dengan kondisi normal. Kondisi energi tubuh yang lebih cepat habis tersebut menjadi pemicu rasa lapar yang muncul.

Rangsangan Eksternal
Rangsangan bau masakan yang lezat atau tampilan makanan yang menggoda akan mempengaruhi otak untuk merasa lapar. Meskipun pada saat itu lambung anda dalam kondisi tidak kosong.

Stres
Orang yang sedang stres cenderung akan mudah lapar. Dalam kondisi stress, hormon-hormon terkait akan mengirimkan sinyal ke otak dan selanjutnya otak akan mengirimkan sinyal kepada tubuh dalam bentuk rasa lapar.

Baca juga: Cara Memasak Yang Sehat Untuk Hidangan Keluarga Di Rumah

Dengan memahami beberapa kondisi tersebut, maka untuk menjawab pertanyaan mudah lapar apa penyebabnya akan mudah bagi anda. Karena anda sudah lebih paham hal-hal yang dapat menyebabkan tubuh merasa mudah lapar. Selanjutnya anda dapat melakukan antisipasi atau memperbaiki gaya hidup atau pola makan yang kurang tepat selama ini. Karena mudah merasa lapar akan menjadikan lebih sering makan dan beresiko menjadi penyakit.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here